05 January 2020, 20:05 WIB

Sudah Lama Warga Menanti Normalisasi Kali Pesanggrahan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

RW05 Kelurahan Pondok Pinang sudah sejak lama telah menjadi langganan banjir. Banjir berasal dari luapan Kali Pesanggrahan.

Menurut Ketua RW05 Mukhlis, warga sejak lama telah mengetahui solusi utama untuk mengusir banjir dari wilayah itu adalah dengan normalisasi Kali Pesanggrahan.

Menurutnya, 2015 silam, Pemprov DKI pun merencanakan untuk melanjutkan normalisasi kali yang berhulu di Bogor itu.

"Sudah, sudah ada rencana mau dinormalisasi waktu zaman Pak Ahok. Warga ada yang nolak sih. Tapi lebih banyak yang mau juga. Tapi belum jalan sampai sekarang. Warga juga nunggu-nunggu kepastiannya," kata Mukhlis saat ditemui Media Indonesia usai kerja bakti membersihkan sampah pascabanjir, Minggu (5/1).

Menurut Mukhlis, jika terwujud maka warga di 5 RT akan terdampak normalisasi. Sebagian akan dibebaskan lahannya dengan ganti rugi dan sebagian direlokasi ke rusun.


Baca juga: Banjir Jakarta, Hotman Paris Minta LBH Buat Gugatan Class Action


Meski belum tahu kapan Kali Pesanggrahan akan dinormalisasi, Mukhlis menyebut warga siap kapan saja. Ia pun saat ini getol membantu warga untuk memproses sertifikat lahannya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Jadi nanti kan mudah kalau sudah punya sertifikat untuk urusan ganti ruginya," tukas Mukhlis.

Menurutnya, jika hanya dengan pembersihan saluran tidak akan cukup mengatasi banjir.

"Genangan pasti masih ada sebetis, selutut pasti. Apalagi kalau lagi siklus lima tahunan bisa 2 meter," tukasnya. (OL-1)

 

 

BERITA TERKAIT