05 January 2020, 18:11 WIB

Peran Warga untuk Cegah Bencana Sangat Diperlukan


Bayu Anggoro | Nusantara

MI/Anggoro
 MI/Anggoro
Aanggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan, saat menggelar reses di Komplek Cibolerang, Bandung.

MASYARAKAT diimbau untuk berperan aktif dalam mencegah bencana, khususnya banjir seperti pada musim hujan saat ini. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menghambat aliran air.

Hal ini disampaikan anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan, saat menggelar reses di Komplek Cibolerang, RW 07, Kelurahan Margahayu Utara, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, akhir pekan ini.  Pada acara yang dihadiri puluhan warga ini, dia mengajak warga untuk lebih bijak dalam menyikapi bencana yang terjadi.

Salah satunya dengan menyadari bahwa bencana terjadi salah satunya akibat ulah manusia yang tidak menjaga alam dan lingkungan. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Apalagi (menjaga kebersihan) ini sebagai bagian dari keimanan kita kepada Allah," katanya.

Lebih lanjut, Farhan mengajak warga untuk mewaspadai setiap potensi bencana yang akan mengancam.

Salah satunya dengan mengetahui risiko bencana apa saja yang akan terjadi di masing-masing daerah. Terlebih, saat ini BNPB sudah mengeluarkan aplikasi di telepon pintar untuk mengetahui potensi bencana apa saja yang akan terjadi di setiap daerah.

"Agar selalu siaga dalam menghadapi potensi bencana apapun," katanya.

Sementara itu, dalam kegiatan masa reses sidang I DPR RI 2019-2020 inipun, FarhAn menggelar shalat Subuh berjamaah bersama warga.  Menurutnya, memperbaiki kualitas ibadah menjadi salah satu cara untuk menjaga masyarakat dari ancaman bencana.

"Kami berdoa bersama karena saat ini kita sedang banyak mendapatkan ujian dari Allah. Dan semoga kita semua diberikan kekuatan keikhlasan yang memperkuat keimanan kita kepada Allah," katanya.

Dalam kegiatan reses ini Farhan menyerap aspirasi dan menjelaskan apa saja yang telah dilaksanakan dalam menjalankan tugas-tugas konstitusional sebagai anggota DPR RI selama masa sidang pertama. Dia menjelaskan kegiatan reses ini penting dilaksanakan, salah satunya agar tetap terjalinnya hubungan komunikasi antara anggota DPR RI dengan konstituen, sehingga program-program yang dilaksanakan sesuai dengan aspirasi masyarakat. (BY/A-3)

BERITA TERKAIT