05 January 2020, 13:58 WIB

Presiden Jokowi Berbelasungkawa untuk Korban Longsor Bogor


Dede Susianti | Nusantara

MI/DEDE SUSIANTI
 MI/DEDE SUSIANTI
Kondisi lokasi bencana banjir di Cigudeg, Kabupaten Bogor, Rabu (1/1).

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) ucapkan bela sungkawa untuk seluruh korban bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor, Minggu (5/1) pagi.

"Presiden menyampaikan turut duka cita bagi korban meninggal, turut berempati kepada seluruh korban bencana di Sukajaya ini," kata Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden di lokasi pengungsian korban bencana di Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya.

Baca juga: Musim Hujan, Masyarakat di Babel Diminta Waspada DBD

Heru mengatakan, atas nama Presiden, pihaknya mengucapkan kepada seluruh jajaran Polres, TNI, danrem, bupati, dandim telah sigap membantu korban bencana.

"Tentunya bapak presiden tadi menyampaikan pesan-pesan tetap dievakuasi dan pastikan kebutuhan mereka untuk tetap bisa mendapatkan makanan. Hari ini sebanyak 6.000 paket sembako,"ungkapnya.

Untuk penanganan pascabencana, lanjutnya, ada di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. "Tadi bincang-bincang sebelum terbang,dipastikan BNPB memberikan bantuan maksimal,"pungkasnya.

Sementara itu, ditemui di lokasi yang sama, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, dari pantauannya melalui udara terlihat banyak titik longsoran.

Baca juga: Banyak Bibit Pemain Sepak Bola Andal di Priangan Timur

"Sampai saat ini data sementara ada 57 titik longsoran, semua di Sukajaya. Tapi banyak yang belum terdeteksi akibat medan cukup berat," kata Ade.

Sementara itu, untuk korban jiwa dari data sementara ada 16 warga yang meninggal dan untuk jumlah pengungsi sendiri pihak terkait belum merilis karena masih banyak lokasi bencana yang belum bisa ditembus. (OL-6)

BERITA TERKAIT