05 January 2020, 12:40 WIB

KAI Daop 1 Siagakan Tanggul dan Pompa untuk Antisipasi Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA FOTO/Syaiful Arif
 ANTARA FOTO/Syaiful Arif
Kereta api

PT KAI Daop 1 menyiagakan pompa dan membuat tanggul di Stasiun Tanah Abang. Menurut VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, penyiagaan pompa dan pembangunan tanggul itu untuk mengantisipasi genangan di musim hujan.

"Di Tanah Abang dengan PT KAI Daop 1 kemarin kita ada pompa dan membuat tanggul untuk antisipasi," kata Anne saat dihubungi Media Indonesia, Minggu (5/1).

Sebelumnya, saat hujan dengan intensitas lebat mengguyur Jakarta sejak 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 202 menyebabkan banjir menggenangi jalur 6 Stasiun Tanah Abang. Jalur itu menjadi tempat transit bagi kereta relasi Maja/Parung Panjang/Serpong/Rangkasbitung.

Tidak hanya itu, genangan juga sempat bertahan cukup lama di jalur rel antara Stasiun Pondok Ranji hingga Stasiun Kebayoran Lama. Akibatnya, jalur 6 sempat tidak dapat menjadi tempat transit dan relasi Maja/Parung Panjang/Serpong/Rangkasbitung hanya dilayani sampai Stasiun Pondok Ranji.

Baca juga: PT KAI Daop IX Antisipasi Banjir dan Longsor

Tidak hanya menyiagakan pompa dan membangun tanggul, PT KAI Daop 1 juga menyiagakan petugas untuk memantau genangan serta melakukan tindakan saat terjadi banjir.

"Seperti kemarin melakukan pola operasi menempatkan petugas di titik-titik rawan banjir, memastikan prasarana tidak terganggu dan fokus ke keselamatan," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT