05 January 2020, 09:00 WIB

Derbi Catalan Imbang, Valverde Salahkan Kartu Merah de Jong


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

AFP/Kazuhiro NOGI
 AFP/Kazuhiro NOGI
Ernesto Valverde

BARCELONA gagal memetik tiga poin setelah bermain imbang 2-2 melawan Espanyol pada lanjutan La Liga di Stadion RCDE, Minggu (5/1) dini hari WIB.

Laga yang bertajuk Derbi Catalan itu berjalan alot dari awal laga. Kedua tim saling serang. Namun, tuan rumah berhasil unggul lebih dulu melalui gol David Lopes pada menit ke-23.

Barca mampu membalikkan keadaan pada babak kedua. Luis Suarez mencetak gol pada menit ke-50 dan disusul gol Arturo Vidal sembilan menit berselang.

Namun, keunggulan itu tak bertahan hingga laga usai. Barca harus kehilangan Frenkie De Jong yang diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain membuat Espanyol terus menekan Barca. Hasilnya, menit ke-88, striker asal Tiongkok, Wu Lei, mencetak gol untuk membuyarkan kemenangan Barcelona.

Baca juga:  Barcelona dan Real Madrid Incar Kemenangan Sebelum ke Piala Super

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde menyesalkan kartu merah yang diterima de Jong. Ia mengatakan kehilangan pemain Belanda itu membuat Espanyol leluasa melancarkan serangan.

"Kartu merah de Jong merusak kami. Kami awalnya menguasai pertandingan sejak unggul, tapi setelah itu mereka menekan kami dan menciptakan peluang yang berujung terjadinnya gol," kata Valverde.

Hasil ini membuat Barcelona kembali ditempel Real Madrid di puncak klasemen. Barcelona dan Real Madrid sama-sama mengoleksi 40 poin, namun Barcelona unggul produktivitas gol.

Sedangkan Espanyol masih berada di jurang klasemen dengan 11 poin. (marca/OL-5)

BERITA TERKAIT