05 January 2020, 06:30 WIB

Olahraga Tekan Risiko 7 Kanker


Haufan Hasyim Salengke | Humaniora

MI/Duta
 MI/Duta
Ilustrasi MI

STUDI terbaru para peneliti Amerika Serikat telah menemukan berolahraga waktu senggang dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk tujuh kanker.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan sejumlah aktivitas tertentu (7,5 hingga 15 jam setara metabolik per minggu) dikaitkan dengan risiko lebih rendah secara signifikan untuk tujuh dari 15 jenis kanker.

Ketujuh jenis kanker itu ialah kanker usus yang lebih rendah pada pria, kanker payudara, kanker endometrium, kanker ginjal, myeloma, kanker hati, dan limfoma nonhodgkin pada perempuan.

Pengurangan risiko itu dikatakan meningkat sejalan dengan lebih banyak olahraga yang dijalankan. Para peneliti dari National Cancer Institute, American Cancer Society, dan Harvard University mengumpulkan data dari sembilan kelompok prospektif dengan aktivitas fisik waktu luang dan tindak lanjut untuk kejadian kanker.

Temuan ini memberikan dukungan kuantitatif langsung untuk tingkat aktivitas yang direkomendasikan untuk pencegahan kanker dan bukti yang dapat ditindaklanjuti untuk upaya pencegahan kanker yang sedang berlangsung dan di masa depan. (Xinhua/Hym/X-6)

BERITA TERKAIT