04 January 2020, 21:00 WIB

Anggota DPRD : Banjir Jakarta Harus Diatasi Bersama-sama


mediaindonesia.com | Megapolitan

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Sekretaris fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta saat meninjau banjir Jakarta

SEKRETARIS Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Purwanto meminta semua pihak secara bersama-sama mencari solusi mengatasi banjir Jakarta, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Menurutnya, banjir Jakarta yang terjadi di awal tahun 2020 ini harus menjadi pelajaran bersama untuk mengevaluasi kinerja penanganan banjir di ibu kota. Upaya memberikan solusi mengatasi banjir untuk masyarakat Jakarta harus menjadi prioritas 

"Penyebab banjir itu kompleks, bukan karena hujannya, hujan adalah rahmat dari Tuhan, sudah lama kita semua berharap kapan datangnya hujan kan??, tinggal kita sebagai manusia memanfaatkan rahmat tersebut, apakah menjadi manfaat atau bencana untuk kita," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga : DMI Kerja Bakti Bersihkan Masjid Terdampak Banjir di Jabodetabek

Berdasarkan pantauannya bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Dinas terkait sepanjang banjir di awal tahun ini, Purwanto mengungkapkan, banjir disebabkan salah satunya oleh tanggul yang jebol.

Karena itu, upaya koordinasi dan monitoring pun terus ia lakukan sejak banjir menggenangi Jakarta. Purwanto pun terjun langsung ke sejumlah tempat yang tergenang untuk melihat akar permasalahan.

Selain melakukan peninjauan, Purwanto pun ikut memberikan bantuan terhadap korban banjir Jakarta. "Tak ada kata terlambat untuk berhenti saling menyalahkan dan mulai memberi solusi bersama antara pusat dan daerah," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT