04 January 2020, 20:21 WIB

Anies: 211 Sekolah di Jakarta Terendam Saat Banjir


Antara | Megapolitan

 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
  ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Sekolah yang terendam banjir di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sebanyak 211 sekolah di Jakarta terendam selama banjir menerjang Jakarta dan wilayah sekitarnya yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) pada tanggal 1 Januari 2020 lalu.

”Pada kejadian banjir kemarin, ada 211 sekolah yang terendam, itu seluruh tingkatan pendidikan di lima wilayah," kata Anies usai meninjau SMA 8 Jakarta yang terdampak banjir, hari ini.

Pada sekolah-sekolah terdampak, kata Anies, langsung dilakukan pemompaan secara bertahap ketika hujan telah berhenti hingga air tidak lagi menggenangi.

"Saat ini tinggal tiga sekolah yang masih ada airnya. Sisanya di 208 sekolah itu sudah kering dan sudah dalam proses pembersihan rehabilitasi seperti di SMA 8 ini," kata Anies.

Secara khusus, Anies mengungkapkan apresiasinya atas respon cepat dari pihak sekolah yang cepat tanggap mengamankan aset sekolah seperti komputer ketika ada informasi tentang ketinggian air yang meningkat

"Komputer-komputer di lantai dasar sudah dinaikkan, sehingga barang-barang yang sekarang terkena adalah barang-barang yang insyaAllah bisa dicuci, bisa dikembalikan. Ada memang yang, mau-tidak mau, harus diganti. Tetapi secara umum tertangani," ucap Anies.

Saat ini, kata Anies, semua sumber daya Pemprov DKI digunakan untuk membantu untuk membersihkan sekolah-sekolah yang sudah tidak terendam agar pada hari Senin mereka bisa berkegiatan dengan menggunakan ruang kelas yang tidak terdampak.(OL-4)

BERITA TERKAIT