04 January 2020, 11:30 WIB

Polda Kalsel Dukung Gerakan Penghijauan


Denny S | Nusantara

ANTARA/Firman
 ANTARA/Firman
Kepala Polda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani memimpin penanaman bibit pohon di lingkungan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) 

GERAKAN penghijauan atau disebut Revolusi Hijau yang digalakkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendapat dukungan dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel. Sedikitnya 16 ribu pohon ditanam jajaran Polda dan Polres 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Selain menjaga keamanan wilayah, anggota kepolisian juga peduli dengan kelestarian lingkungan. Salah satunya diwujudkan jajaran Polda beserta Polres se Kalsel dengan melakukan penanaman sedikitnya 16 ribu pohon meliputi 3 ribu bibit pohon yang ditanam jajaran Polda dan 13 ribu bibit pohon oleh Polres se Kalsel.

Baca juga: Banten Lima Wilayah Darurat Bencana Banjir dan Longsor

Untuk Polda Kalsel, pelaksanaan penanaman pohon jenis buah-buahan dan tanaman keras dipusatkan di SPN Polda Kalsel dan di Satpas Km 21 Landasan Ulin Banjarbaru. Gerakan 'Menanam Pohon, Menanam Pahala Masuk Surga' itu dipimpin Kepala Polda Kalsel Irjen Yazid Fanani dan Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel Rinny Yazid Fanani didampingi Irwasda Polda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Pengurus Bhayangkari Daerah Kalsel, anggota Polri dan ASN Polda Kalsel.

Gerakan penghijauan ini membuktikan bahwa personel Polda Kalsel peduli akan kelestarian lingkungan.

Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani, Sabtu (4/1) menuturkan kegiatan penghijauan ini merupakan program Kapolri Jenderal Idham Azis dalam bentuk penanaman pohon guna mendukung gerakan penghijauan sebagai gerakan menjaga serta melestarian lingkungan. Dengan gerakan penghijauan ini diharapkan bisa menggerakan masyarakat untuk peduli lingkungan.

"Total ada sebanyak 16.000 bibit pohon yang kita tanam, dengan jenis pohon meliputi Mahoni, Angsana, Trembesi, Sungkai, Matoa, Sawo, Sirsak, Alpukat, Jambu, Rambutan, Belimbing, Durian, Nangka, Jengkol, dan Pete yang ditanam di kawasan SPN Polda Kalsel dan Satpas Landasan Ulin," terang Kapolda Kalsel.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan kegiatan penghijauan ini dapat bermanfaat bagi anak cucu selain menciptakan udara yang sehat. Udara segar bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup tidak hanya manusia namun juga flora dan fauna.

"Selain ditanam, personel Polri juga harus dapat merawat bibit pohon yang ditanam agar menjadi tumbuh dan memberikan manfaat di kemudian hari. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang nyaman dan sejuk serta memberikan warisan kepada generasi yang akan datang," tutup Kapolda. (OL-2)

BERITA TERKAIT