04 January 2020, 10:45 WIB

Anak Muda Geluti Bisnis Manajemen Properti Berbasis Aplikasi


Ardi Teristi Hardi | Ekonomi

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
 ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Minat investor untuk membeli properti pada tahun 2020 akan mengalami perbaikan.

PELUANG bisnis di era digital semakin terbuka lebar. Salah satunya adalah bisnis manajemen properti, misalnya lewat bisnis manajemen hospitality bagi hotel budget dan kos ekslusif.

Misalnya yang dilakukan Mochammad Daffa Trinanda, 19, yang masih berkuliah di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Dia bersama beberapa rekan membangun bisnis Djurkam (Djuragan Kamar) mulai 2019.

Menurut Paulina, Area Manager Pemasaran Djurkam, bisnis hospitality ini menjadi solusi bagi usaha properti hotel budget dan kos ekslusif.

Baca juga: Cegah Saham Gorengan, BEI Perketat Pengawasan

Bisnis semacam ini memiliki peluang yang besar seiring tingginya pembangunan properti di tanah air, terlebih di Yogyakarta. Pertumbuhan sektor pariwisata yang pesat dan daerah tujuan pendidikan membuat pertumbuhan properti di Jogja cukup tinggi, baik hotel maupun indekos.

"Bisnis kami adalah menyediakan jasa manajemen hospitaly yang diperuntukkan bagi para owner pemilik bangunan, gedung hotel hingga kos-kosan. Aplikasi kami buatan asli Indonesia," kata dia.

Ada dua produk yang ditawarkan yakni reguler dengan Djurkam secara gratis diberikan kepada klien, termasuk iklan, fitur aplikasi, berbagai program promo manajemen secara gratis tanpa dipungut.

Pertama, kontrak produk reguler selama 6 bulan hingga pelaku usaha merasakan manfaatnya.

Kedua, produk premium dengan mengoperasikan secara keseluruhan, dari mengelola pendapatannya, SDM, biaya biaya operasional, perbaikan gedung, transparansi pendapatan dan biaya laba, yang dapat diakses setiap saat, hingga transparansi kenaikan investasi.

"Djurkam bisa didownload di playstore maupun ios dan telah dilihat seribu lebih orang (baik di download maupun viewers di medsos, tambahi data)," kata dia.

Pemilik gedung bisa mendapatkan banyak manfaat, baik dari sisi pemasaran, finansial, hingga peningkatan skill dan pengetahuan mengelola sebuah bisnis.

Paulina mengungkapkan Djuragan Kamar merupakan sebuah unit usaha yang menguatkan sisi Development hingga Operasional, dalam menjalankan usaha tersebut. (OL-2)

BERITA TERKAIT