04 January 2020, 05:40 WIB

Victoria Beckham, Diisukan Bangkrut


Indrastuti | Hiburan

PENYANYI dan perancang busana asal Inggris Victoria Beckham, 45, dilaporkan sedang mengalami kesulitan setelah label fesyennya jatuh dan terlilit utang hingga 36 juta pound sterling atau hampir Rp662 miliar.

Istri mantan bintang sepak bola David Beckham ini bahkan kabarnya tidak bisa lagi mempekerjakan sopir untuk mengantarnya ke tempat kerja. The Sun pada Kamis (2/1) mengabarkan beberapa karyawannya pun ditawari untuk dikenai pemotongan gaji guna membantu kesulitan usahanya.

Hal itu terjadi setelah merek Victoria berutang 36 juta pound sterling yang terlebih dahulu menderita rugi hingga 12,5 juta pound sterling tahun lalu.

Kerugian tahun lalu di Victoria Beckham Limited naik secara dramatis setelah permintaan gaun mantan Spice Girl ini berbanderol 2.000 pound sterling dan tas 1.000 pound sterling merosot.

Pakaian kelas atas Victoria dijual di toko-toko di seluruh dunia, tetapi penjualan yang sulit dan biaya tinggi telah membengkakkan kerugian dalam empat tahun terakhir.

Meskipun bisnis keluarga Beckham menderita kerugian, David dan Victoria masih mengambil dividen 7 juta pound sterling tahun lalu, yang berarti total 51 juta pound sterling dividen telah ditarik sejak 2014.

Label busana ibu empat anak ini telah merugi 34,7 juta pound sterling sejak diluncurkan sepuluh tahun lalu dan telah berulang kali ditutupi suaminya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, keluarga masih memperoleh untung yang sehat berkat nama besar David, tetapi bisnisnya, DB Ventures, juga menderita tahun lalu.

Keuntungan telah turun dari 44 juta pound sterling empat tahun lalu menjadi kurang dari 15 juta pound sterling pada 2018.

Angka-angka terbaru, dalam akun yang diajukan, merupakan pukulan bagi duo pesohor ini, yang telah membangun kekayaan dilaporkan senilai 355 juta pound sterling atau sekira Rp6,5 triliun.

Penurunan itu membuat beberapa orang mempertanyakan apakah daya tarik dari dua wajah paling terkenal di dunia ini mulai memudar. Dalam satu wawancaranya bersama Harper’s Bazaar, Victoria mengaku kalau dirinya sama sekali tidak cantik.

“Apakah aku merasa diriku cantik? Tidak, sama sekali tidak. Tapi aku selalu berusaha memberikan penampilan terbaikku. Aku melihat segala kekuranganku dan tersenyum, inilah aku dan aku tidak akan pernah mau mengubahnya,” katanya.

Seorang pakar industri mengatakan bahwa citranya sudah menurun. Dia sekarang berusia 45 tahun sehingga sumber-sumber uang mulai mengering sedikit.

Akan tetapi, semua itu belum menjatuhkannya karena pasangan ini masih berada di peringkat 372 dalam daftar orang terkaya versi Sunday Times dan dinobatkan masuk 50 pembayar pajak terbesar di Inggris.

Siap lakukan apa saja

Victoria tidak hanya terkenal karena menjadi istri dari pesepak bola David Beckham, tetapi juga bisnisnya dalam dunia mode semakin melambungkan namanya.

Untuk menepis isu kebangkrutan usaha fesyennya itu, pemilik nama julukan Posh Spice ini tidak akan pernah membiarkan usaha yang dibangunnya ini hancur begitu saja. Ibu empat anak ini juga dikabarkan telah menyuntikkan biaya lagi agar usahanya dapat kembali bersinar.

“Penjahit yang tidak dapat dibayar, iklan di media sosial dan surat kabar itu sangat sia-sia.

“Saya telah menginvestasikan semua yang saya miliki dalam merek ini dan tidak akan menyerah,” ujarnya. Itu mengingatkan pada awal-awal semangat Victoria meniti karier di dunia fesyennya itu. (H-1)

BERITA TERKAIT