04 January 2020, 04:30 WIB

Barca Optimistis Lakoni Derbi


AFP/Ykb/R-2 | Sepak Bola

BARCELONA dan Real Madrid kembali melanjutkan persaingan memperebutkan gelar La Liga Spanyol pada lanjutan pekan ke-19, malam ini. Dua tim rival bebuyutan itu bertanding terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Arab Saudi untuk gelaran Piala Super Spanyol 2020.

Barcelona sebagai pemuncak klasemen bertamu ke markas Espanyol di Stadion RCDE. Barca diprediksi tak akan kesulitan untuk mengalahkan Espanyol di Derbi Catalunya. Pasalnya, Espanyol tengah kesulitan dengan tidak pernah menang sepanjang lima laga serta berada di dasar klasemen.

Derbi Catalan bisa saja mengabaikan posisi kedua tim di klasemen. Akan tetapi, Barca yang ditukangi Ernesto Valverde datang dengan catatan tidak terkalahkan awal November silam.

Lionel Messi masih tetap menjadi tumpuan Barca untuk meraih angka penuh. Dua poin keunggulan atas Real Madrid harus tetap dipertahankan dan Messi merupakan pemain yang rajin menjebol gawang Espanyol di Derbi Catalan, yakni 22 gol pada 25 pertandingan.

Kubu Espanyol baru saja merekrut mantan pemain Barca, Abelardo Fernandez, untuk menjadi pelatih. Kehadiran Abelardo diharapkan bisa membuat Espanyol dapat beranjak dari posisi juru kunci selepas Tahun Baru 2020.

Beberapa jam sebelum Barca merumput di Derbi Catalunya, Real Mad­rid punya kesempatan menyodok ke posisi teratas klasemen sementara. Hanya defisit dua poin membuat anak asuh Zinedine Zidane dapat mengudeta Barca dengan syarat mengalahkan tuan rumah Getafe.

Zidane harus berpikir keras untuk unggul setelah timnya hanya menuai seri di tiga laga terakhir. Apalagi Los Blancos harus tampil tanpa gelandang serang Belgia, Eden Ha­zard, yang cedera serta kapten Sergio Ramos akibat larang­an main.

Zizou--sapaan Zidane--bakal melirik bek Brasil, Marcelo, serta penyerang Lucas Vazquez yang sudah pulih dari cedera. Ketajaman Karim Benzema serta kelincahan Gareth Bale juga dapat menjadi andalan Madrid untuk pulang dengan kemenangan.

Selepas laga, Barca dan Madrid sudah harus bersiap menghadapi laga semifinal Piala Super Spanyol di Arab Saudi pada Rabu (8/1). Barca jumpa Atletico dan Madrid ditantang Valencia. Laga final digelar pada 12 Januari. (AFP/Ykb/R-2)

BERITA TERKAIT