03 January 2020, 19:29 WIB

BP Jamsostek Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Jakarta


mediaindonesia.com | Megapolitan

Istimewa
 Istimewa
Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah DKI Jakarta, Cotta Sembiring, (tengah) menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Grogol, Jakarta... 

HUJAN deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (31/12/2019) mengakibatkan sejumlah daerah di Jadetabek tergenang banjir dengan ketinggian beragam.

Dengan musibah tersebut, BP Jamsostek bergerak cepat dengan memberikan bantuan senilai Rp. 340.132.000 yang secara simbolis diserahkan Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah DKI Jakarta, Cotta Sembiring, kepada para korban banjir di salah satu posko di daerah Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (3/01).

Dalam penyerahan bantuan untuk korban banjir tersebut,  turut hadir Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Grogol Bambang Utama

Tak hanya di posko tersebut, bantuan dari BP Jamsostek juga disalurkan ke 38 titik banjir lainnya yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Kami turut berduka atas musibah banjir yang dialami oleh warga Jakarta, sebab tak menutup kemungkinan banyak juga peserta dan keluarga BP Jamsostek yang menjadi korban. Oleh karena itu sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap sesama, kami berikan bantuan ini agar dapat meringankan beban para korban banjir," ucap cotta.

Cotta menambahkan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan BP Jamsostek telah rutin dilakuan ketika terjadi bencana alam.

Adapun bantuan yang diberikan berupa kebutuhan bahan pokok seperti air mineral dalam kemasan, susu, biskuit, mi instan, minyak goreng, popok bayi, selimut,dan obat-obatan.

Beberapa hari sebelumnya komunitas Stand Up Paddle BP Jamsostek bersama SUP Indonesia juga turun langsung memberikan bantuan evakuasi di titik-titik banjir di wilayah Jadetabek yang tidak dapat dijangkau oleh perahu karet.

Selain menyalurkan bantuan, BP Jamsostek juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mendata peserta yang juga menjadi korban, sebab tak menutup kemungkinan bahwa banjir tersebut menyebabkan pekerja mengalami kecelakaan kerja atau meninggal dunia.

Jika memang ditemukan peserta yang mengalami kecelakaan kerja atau meninggal karena akibat banjir, BP Jamsostek akan segera memberikan seluruh hak peserta meliputi perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, bantuan biaya transportasi korban kecelakaan kerja, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48x upah, santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56x upah, bantuan beasiswa, hingga manfaat pendampingan dan pelatihan untuk persiapan kembali bekerja (return to work).

Pada kesempatan yang sama, Cotta memastikan bahwa seluruh pelayanan BP Jamsostek di wilayah DKI Jakarta tetap berjalan meski terdapat beberapa kantor cabang yang terdampak banjir seperti Kantor Cabang Grogol, dan Kelapa Gading. Khusus untuk kantor cabang tersebut, akan diberlakukan pelayanan terbatas sampai beberapa hari kedepan.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat tetap terlayani dengan baik meski dalam kondisi darurat. Cotta juga mengimbau agar seluruh pekerja melengkapi dirinya dengan perlindungan jaminan sosial dari BP Jamsostek sehingga dapat bekerja dengan aman dan keluarga merasa tenang.

"Kami berharap banjir ini akan segera surut dan seluruh korban dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala, dan semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat," pungkas Cotta. (OL-09)

BERITA TERKAIT