03 January 2020, 17:27 WIB

Kejagung Masih Fokus Pemeriksaan Saksi Jiwasraya


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
 ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Kantor Jiwasraya

KEJAKSAAN Agung (Kejagung) RI masih fokus pada tahap pemeriksaan saksi-saksi kasus Jiwasraya. Sebelumnya, pemeriksaan saksi juga telah dilakukan oleh Kejagung.

Sosok-sosok yang telah menjalani pemeriksaan ialah mantan Direktur Utama Jiwasraya, Asmawi Syam dan mantan Kepala Pusat Bancassurance Jiwasraya, Eldin Rizal Nasution, Direkur Utama PT Trimegah Securities Tbk Stephanus Turangan, Presiden Direktur Prospera Asset Management Yosep Chandra, dan Presiden Komisaris PT Trada Alam Mineral Heru Hidayat.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Hari Setiyono, mengatakan pemeriksaan selanjutnya akan dilakukan pada Senin hingga Kamis tanggal 6 sampai 9 Januari. Namun, belum ditetapkan siapa saja saksi yang akan dipanggil pada dua hari tersebut.

Hari mengatakan, belum ada jadwal selanjutnya setelah pemeriksaan selesai. Termasuk kapan nama-nama tersangka akan dirilis ke publik.

"Masih pemeriksaan saksi-saksi dulu," ujar Hari.

Saat ini, tindakan yang telah dilakukan oleh Kejagung masih berupa pencekalan pada 10 nama yang dianggap berpotensi menjadi tersangka kasus Jiwasraya. Mereka dicekal untuk ke luar negeri sejak Kamis, 26 Desember 2019 malam.

Inisial sepuluh orang tersebut ialah HR, DA, HP, NZ, DW, GL, YR, HD, DT, dan HS. Dalam kasus Jiwasraya, Kejagung sejauh ini menduga kerugian negara mencapai Rp13,7 triliun. (OL-4)

BERITA TERKAIT