03 January 2020, 16:36 WIB

Barcelona dan Real Madrid Incar Kemenangan Sebelum ke Piala Super


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

 Lluis Gene/AFP
  Lluis Gene/AFP
  Penyerang Lionel Messi (kanan) merayakan kemenangan setelah menjebol gawang Deportivo Alaves di Camp Nou stadium, Sabtu (12/12).

BARCELONA dan Real Madrid bakal memulai kembali perang atrisi mereka untuk memperebutkan gelar La Liga Spanyol pada lanjutan pekan ke-19. Kedua tim akan bertanding terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Arab Saudi untuk Piala Super 2020.

Barcelona akan bertemu Espanyol, di Stadion RCDE, Minggu (5/1). Sang juara bertahan diprediksi tak akan kesulitan untuk mengalahkan Espanyol dalam Derbi Catalunya. Pasalnya, Espanyol tengah kesulitan di dasar klasemen.

Apalagi, tim asuhan Ernesto Valverde itu tidak terkalahkan di semua kompetisi sejak awal November dan duduk dua poin di atas Real Madrid.

Namun Espanyol baru merekrut mantan pemain Barca Abelardo Fernandez dengan harapan mengubah nasib mereka setelah kalah dari Leganes yang hanya satu strip di atas mereka sebelum libur Natal.

Sementara itu, Madrid kembali beraksi setelah tiga hasil imbang beruntun di laga sebelumnya, termasuk kebuntuan tanpa gol dalam El Clasico.

Christian Bale dan kolega memiliki tugas yang lebih sulit ketimbang Barca. Madrid akan bertemu Getafe yang menunjukkan bahwa pencapaian mereka finis kelima tahun lalu bukanlah kebetulan.

Sang pelatih Zinedine Zidane akan mengawali laga tanpa Eden Hazard yang cedera, serta kapten Sergio Ramos yang ditangguhkan. Meski begitu, Zidan dapat mengandalkan pemain brasil Marcelo dan Lucas Vazquez yang tengah fit.

Baik Barca maupun madrid dapat mengganti susunan pemain mereka karena harus memersiapkan tim untuk ke Arab Saudi demi memperebutkan Piala Super, bersama Atletico Madrid dan Valencia, pada 8 Januari 2020, mendatang.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Piala Super Spanyol hanya diikuti dua klub, yakni juara La Liga dan Copa del Rey yang bertanding dua leg secara bergantian di stadion masing-masing di awal musim. Kini dengan format baru, Piala Super akan melalui babak semifinal dan final.

Turnamen ini rencananya bakal diadakan selama tiga tahun ke depan dan digelar di negara yang berbeda dari tuan rumah sebelumnya.

Barcelona akan menghadapi Atletico Madrid dan Real Madrid akan berhadapan dengan Valencia sebelum final pada 12 Januari. (AFP/Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT