03 January 2020, 12:01 WIB

Jokowi Tinjau Rumah Pompa di Waduk Pluit


Akmal Fauzi | Megapolitan

Dok Setpres
 Dok Setpres
Presiden Joko Widodo saat meninjau Waduk Pluit

PRESIDEN Joko Widodo mendadak meninjau fasilitas pompa air di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara sebelum beraktivitas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/1). Presiden memastikan operasi pompa air berfungsi dengan baik.

“Beliau memastikan semua pompa berfungsi dengan baik," ujar Deputi Protokol, Pers, dan Media Setpres Bey Machmudin, Jumat (3/1).

Kurang lebih 30 menit presiden meninjau fasilitas pompa air dan bertemu pegawai di sana.

Agenda peninjauan ini di luar agenda resmi presiden.

Baca juga: Mensos Desak Pemprov DKI Tetapkan Status Siaga Darurat

Sebelumnya Jokowi mengatakan, banjir di ibu kota dan sekitarnya yang terjadi awal tahun ini paling parah terjadi di empat Daerah Aliran Sungai (DAS) di DKI Jakarta, yakni DAS Sungai Krukut, Sungai Ciliwung, Sungai Cakung, dan Sungai Sunter.

Untuk penanganan darurat bersama pihak terkait, kata dia, telah difungsikan pompa, karung pasir, bronjong dan tanki air agar kawasan dan prasarana publik terdampak dapat segera berfungsi kembali.

Jokowi mengemukakan, upaya pengendalian banjir di keempat DAS itu telah dilakukan sejak jauh hari. Namun, upaya itu terkendala sejak 2017 lantaran masalah pembebasan lahan.

“Program Pengendalian Banjir Sungai Ciliwung misalnya, sudah ditangani 16 kilometer dari rencana keseluruhan 33 kilometer,” kata Jokowi melalui akun Instagram resminya, Kamis (2/1).

Sementara di hulunya dalam proses pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi dengan kemajuan pembebasan tanah di atas 90% dan perkembangan pembangunan fisik mendekati 45%.

“Kedua bendungan tersebut direncanakan selesai pada akhir 2020,” jelas Presiden.

Sementara percepatan pelaksanaan Sudetan Sungai Ciliwung dari Sungai Ciliwung ke Sungai Cipinang, sedang berlanjut. (OL-2)

BERITA TERKAIT