03 January 2020, 07:00 WIB

Klopp Puas dengan Performa Liverpool Kontra Sheffield


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

Twitter @lfc
 Twitter @lfc
Pelatih Liverpool Juergen Klopp

PELATIH Liverpool Juergen Klopp mengaku puas setelah the Reds sukses mengunci kemenangan perdana di 2020 usai menaklukkan Sheffield United 2-0 tanpa balas dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Jumat (3/1) dini hari.

Duet maut Mohamed Salah dan Sadio Mane menjadi bintang di laga ini dengan masing-masing mencetak gol di kedua babak.

Berdasarkan penguasaan bola, The Reds memenangi 74,8% penguasaan bola dan Sheffield hanya memegang bola sebanyak 25,2%. Tuan rumah mendominasi dengan mengirimkan 12 tembakan dan tujuh tepat sasaran.

Bermain di kandang sendiri membuat skuat asuhan Klopp bermain agresif sejak wasit meniupkan tanda dimulainya pertandingan.

Tidak butuh waktu lama bagi Liverpool untuk unggul atas Sheffield. Di menit keempat, Salah sukses memanfaatkan umpan terukur Andrew Robertson melalui sontekan.

Baca juga: Tekuk Sheffield, Liverpool Bukukan Kemenangan Beruntun Ke-11

The Reds pun mampu unggul cepat 1-0 atas tim promosi tersebut. Tertinggal di awal laga membuat Sheffield bermain lebih terbuka dan mulai coba menekan Liverpool.

Hasilnya, tim asuhan Chris Wilder itu nyaris menyamakan kedudukan melalui tendangan McGoldrick di menit ke delapan. Sayang, tendangan di luar kotak penalti sang penyerang masih bisa dihalau oleh Alisson Becker.

Alih-alih menyamakan kedudukan, permainan terbuka Sheffield dimanfaatkan betul oleh Jordan Henderson dkk.

Di menit ke-30, Liverpool mendapatkan peluang emas melalui sepakan keras Henderson. Namun, sepakamnya masih bisa diamankan oleh kiper Sheffield, Dean Henderson.

Sheffield tidak tinggal diam. Oliber Norwood cs mencoba menguasai lapangan dengan menyerang. Kesempatan menyamakan kedudukan datang dari Lys Mousset yang melancarkan sepakan voli tapi masih belum mengarah tepat ke gawang Becker.

Hingga 45 menit pertama usai kedudukan 1-0 untuk kemenangan Liverpool atas Sheffield masih terjaga.

Di babak kedua, The Blades lebih getol menekan pertahanan tim tuan rumah yang digalang oleh Virgil van Dijk.

Mousset lagi-lagi menjadi momok menakutkan bagi Liverpool. Sundulannya yang memaksimalkan sepak pojok Steven untungnya masih melambung di atas mistar gawang Becker.

Tidak ingin terus-terus mendapatkan serangan, membuat Klopp kembali memerintahkan skuatnya untuk menyerang. Hasilnya tak main-main.

Adalah Mane yang sanggup memperlebar jarak kemenangan atas Sheffield menjadi 2-0 di menit ke-65.

Mane sukses memanfaatkan kemelut yang terjadi di mulut gawang Henderson dengan mengirimkan tembakan keras kaki kanannya.

Hingga sisa pertandingan, Liverpool terus mendominasi dengan melancarkan serangam dari pelbagai sisi.

Kemenangan ini membuat Liverpool kokoh di puncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 19 kemenangan, satu kali meraih hasil imbang, dan tanpa kekalahan. Koleksi angka Liverpool mencapai 58 poin.

Sementara Sheffield United berada di urutan ke-8 klasemen sementara setelah mendapatkan tujuh kali menang, delapan seri, dan enam kalah dengan total 29 poin.

Klopp mengaku lega atas penampilan para pemainnya di Anfield.

Ia menilai Mane dan kolega berhasil merusak formasi Sheffield. Sehingga mereka mampu tampil sensasional dan kembali mencuri kemenangan.

"Saya sangat senang dan bangga kepada anak-anak. Kami tidak boleh meremehkan pencapaian seperti ini. Cara kami menjinakkan Sheffield United sangat hebat," ujar eks pelatih Borussia Dortmund itu via BT Sport usai laga.

"Kami tenang saat menguasai bola tetapi tetap menunjukkan agresivitas. Gol-gol yang kami ciptakan juga luar biasa. Setelah ini kami harus bersiap lagi untuk laga selanjutnya," tambahnya.

Pelatih Sheffield, Wilder turut mengapresiasi kehebatan Liverpool. Menurutnya, timnya sudah sangat berjuang keras meski tetap gagal memupus rekor tak pernah kalah Liverpool selama di liga.

"Saya pikir mereka luar biasa, saya mencintai segala sesuatu tentang mereka," ucap Wilder. (BTSport/OL-2)

BERITA TERKAIT