03 January 2020, 06:45 WIB

Dudamel Mundur dari Timnas Venezuela


Antara | Sepak Bola

AFP/Federico Parra
 AFP/Federico Parra
Rafael Dudamel

RAFAEL Dudamel menanggalkan kursi pelatih kepala tim nasional Venezuela setelah ia merasa hubungannya dengan federasi sepak bola negara Amerika Latin itu, FVF, memburuk.

Dudamel mengumumkan keputusannya melalui cicitan lewat akun Twitter pribadinya @rafaeldudamel, Kamis (2/1).

"Saya pikir ini hal terbaik untuk timnas Venezuela," kata Dudamel dalam pernyataannya.

"Saya meninggalkan posisi ini agar pelatih baru bisa segera memulai pekerjaan, yang bagi saya sudah tidak lagi bisa dinikmati," imbuhnya.

Baca juga: Indra Sjafri Bantu Tangani Tim Junior

Mantan penjaga gawang itu sebelumnya melatih tim U-17 dan U-20 Venezuela sebelum mengambil alih tim senior pada 2016.

Sebelumnya, Dudamel juga sempat mengajukan pengunduran diri dari kursi pelatih kepala timnas Venezuela pada pertengahan Maret 2019, tetapi ia akhirnya tetap bertugas mendampingi pasukan Vinotinto dalam Copa America 2019, beberapa bulan berselang.

Dalam Copa America 2019 di Bradil, Dudamel sukses menciptakan kejutan menahan imbang tuan rumah demi mengantarkan Venezuela lolos dari penyisihan Grup A, tetapi langkah mereka terhenti di babak perempat final disingkirkan Argentina.

Sejak tersingkir dari Copa America 2019, Dudamel sukses menjaga Venezuela tidak terkalahkan dalam empat pertandingan internasional dengan memenangi tiga di antaranya.

Kepergian Dudamel dari timnas Venezuela menimbulkan spekulasi di media-media Amerika Selatan bahwa ia akan mengambil pekerjaan di klub Brasil, Atletico Mineiro.

Jika terjadi, itu bakal jadi pekerjaan pertama Dudamel di luar Venezuela, setelah sebelumnya ia pernah menangani dua klub lokal yakni Estudiantes de Merida dan Deportivo Lara.

Sementara itu bagi pengganti Dudamel, tugas mereka akan dimulai dengan fase kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL yang bakal dimulai pada Maret mendatang sebelum kemudian tampil di ajang Copa America 2020 di Argentina-Kolombia.

Venezuela tergabung di Grup B bersama tuan rumah Kolombia, Ekuador, Peru, Qatar, dan juara bertahan Brasil. (OL-2)

BERITA TERKAIT