02 January 2020, 20:24 WIB

PT KAI Daop IX Antisipasi Banjir dan Longsor


Usman Afandi | Nusantara

Antara
 Antara
Kereta api

MEMASUKI musim peghujan PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Daerah Operasi (Daop) IX Jawa Timur, mengantisipasi sejumlah titik rawan longsor dan banjir sepanjang perlintasan kereta api.

Manager Humas PT KAI Daop IX Mahendro Trang Bawono menjelaskan, daearah yang memiliki kerawanan banjir dan tanah longsor tersebut menurutnya berada di 20 titik lokasi. 

"Kita mewaspadai daerah yang rawan banjir dan tanah longsor, " jelas Hendro, Kamis (2/1). 

Sebanyak 20 titik yang memiliki kerawanan banjir dan tanah longsor tersebut kata dia, berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jember dan Banyuwangi. 

"Kita menyediakan alat material untuk siaga dan kita juga setiap hari selama 24 jam di masing-masing pos menyediakan pemeriksa jalur yang memeriksa masing-masing trek. Jadi sewaktu-waktu ada bencana kita sudah siap, " katanya. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan ancaman banjir pernah terjadi beberapa waktu yang lalu di wilayah kerjanya. Namun itu semua tidak menimbulkan gangguan perjalanan KA. 

"Kemarin karena intensitas hujan tinggi, ada hujan kalau tidak salah di daerah Arjasa Jember, tapi tidak mengangu.  Tergenang namun surut lagi, " katanya. 

Namun ia pun yakin, selama musim penghujan tahun 2020 ini. Pihaknya optimistis wilayah Daop IX masih aman dari ancaman banjir maupun tanah longsor. 

"Saat ini ancamannya ya banjir dan tanah longsor. Tapi kami optimistis wilayah kami masih aman,'' tuturnya. (OL-11)

BERITA TERKAIT