02 January 2020, 19:28 WIB

Bantu Atasi Banjir di Bekasi, Kang Emil Beri 40 Perahu Karet


Gana Buana | Megapolitan

MI/Gana Buana
 MI/Gana Buana
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau banjir di Bekasi

SEBANYAK 40 unit perahu karet diberikan Pemerintah Jawa Barat pada Pemkot Bekasi hari ini, Kamis (2/1). Perahu tersebut diberikan sebagai bantuan Pemprov untuk mengevakuasi korban banjir di Kota Bekasi. 

“Memang, tidak semua orang mau dievakuasi juga memang, itu pilihan lah ya. Tapi yang penting, buat mereka bantuan makanan dan lain-lain bisa sampai. Ada 40 perahu karet kita tambahkan," ujar Ridwan Kamil kepada awak media, Kamis (2/1) di Bekasi. 

Menurut pria yang karib disapa Kang Emil itu, perahu karet tersebut diberikan untuk membantu petugas tiba di lokasi banjir. Sebab, dari laporan yang masuk pada Rabu (1/1) banyak warga yang membutuhkan makanan dan juga obat-obatan terkepung di lokasi banjir. 

“Bantuan hanya menumpuk di pintu masuk, orang mau nolong kan harus bawa kendaraan, nah kendaraannya harus disiapkan,” kata dia.

Baca juga : 5 Orang Meninggal Dunia Akibat Banjir di Bekasi

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, perahu-perahu tersebut bakal langsung disebar ke puluhan titik banjir di Kota Bekasi. Hingga saat ini petugas masih bersiaga serta mambantu proses evakuasi juga sekedar membagikan logistik berupa makanan. 

“Evakuasi lambat itu pastilah, karena kita masih kekurangan perahu karet juga. Sekarang kita dapat 40 perahu karet dari Gubernur. Itu akan kita sebar," kata Rahmat.

Seperti yang diketahui, ada sebanyak 69 titik wilayah dilanda banjir pada Rabu (1/1) kemarin. Kecamatan Jatiasih menjadi wilayah paling parah dengan ketinggian banjir di atas 2 meter. Total, 5 orang sudah meninggal dunia di Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi menduga ada dua penyebab yang mendasari banjir di Kota Bekasi paling parah di banding wilayah lainnya. Pertama Back Water lantaran lokasi Kali Bekasi lebih tinggi serta wilayah hilir seperti Banjir Kanal Timur juga penuh. (OL-7)

BERITA TERKAIT