02 January 2020, 18:13 WIB

Lewat Tenaga Biogas, PTPN II Pasok Listrik ke PLN


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II mulai menyuplai energi listrik ke sistem jaringan PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara pada 2020.

Pasokan listrik tersebut berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Kwala Sawit dan PLTBg Pagar Merbau yang keduanya dimiliki perseroan.

Manager PLTBg PTPN II Dedy Gurning mengungkapkan pihaknya telah bisa memanfaatkan palm oil mill effluent (POME) yang bersumber dari limbah cair pabrik kelapa sawit (PKS) dan mengubahnya menjadi energi listrik. 

"Listrik yang dihasilkan kemudian dijual kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan skema Independent Power Produce (IPP)," ujar Dedy melalui keterangan resmi, Kamis (2/1).

Adapun, dalam mengoperasikan kedua PLTBg, PTPN II melakukan kerja sama operasional dan maintenance (O&M) dengan anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni PT Pertamina Power Indonesia (PPI).

Baca juga: PLN Nyalakan 2.973 Gardu di Jabodetabek

“Hal ini merupakan bentuk sinergitas antara BUMN dan kerja sama ini bisa memberi keuntungan dan manfaat kepada seluruh pihak," tuturnya.

PTPN II sebagai salah satu BUMN bidang usaha perkebunan dengan komoditi utama kelapa sawit terus berupaya melakukan inovasi dari berbagai sumber yang tersedia termasuk limbah cair PKS.

Selain bisa mendapat manfaat secara langsung, upaya tersebut juga mampu menepis isu negatif terkait lingkungan akibat proses pengolahan limbah pabrik sawit yang membuang gas metana ke ruang terbuka.

"Sekarang gas metana kami tangkap dan jadikan bahan bakar utama mesin pembangkit listrik (genset). Selain itu, kami juga gunakan sebagai bahan pembakaran gas pada steam boiler di PKS," tandasnya. (OL-7)l

BERITA TERKAIT