02 January 2020, 17:14 WIB

Kapolda Intruksi Patroli Rutin di Pemukiman Berdampak Banjir


Ferdian Ananda | Megapolitan

MI/ Andri Widiyanto
 MI/ Andri Widiyanto
Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono

KAPOLDA Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan pihaknya bersama TNI dan otoritas setempat akan melakukan patroli rutin di pemukiman warga yang berdampak banjir. Pasalnya, masyarakat telah meninggalkan kediamannya menuju posko pengungsian.

"Patrolinya dilakukan guna memastikan tidak ada pihak-pihak yang mengunakan kesempatan ini, masuk ke rumah mengambil barang-barang berharga yang ditinggalkan warga," kata Gatot di Kawasan Jakarta Selatan, Kamis (2/1).

Gatot menyebut sejumlah titik lokasi yang ditinjau masih mengalami banjir dengan ketinggian air berkisar antara 1,5 meter hingga 2 meter.

"Tadi kita keliling melihat kondisi warga, ketinggian air masih 1,5 meter hingga 2 meter," sebutnya.

Meskipun demikian, masyarakat juga masih ada yang bertahan di lantai dua kediamannya dan di tempat-tempat tinggi lainnya. Oleh karena itu, pihaknya memastikan kondisi mereka aman dan terkendali.

"Sudah kita tanyakan, mereka aman dan tidak ada yang sakit," terangnya.

Di dampingi otoritas setempat, mulai dari wali kota hingga camat. Gatot telah menginstruksikan kepolisian setempat berkoordinasi dengan TNI untuk melakukan patroli rutin di setiap pemukiman warga.

"Ada teman-teman pecinta alam juga yang ikut membantu, memastikan masyakarat dalam kondisi aman," terangnya 

Rombongan Kapolda sudah tiba di Komplek IKPN Bintaro, Jakarta Selatan. Disambut Kapolres Jakarta Selatan Kombes Bastoni dan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali, mereka berinteraksi dengan masyarakat dan juga membagikan sembako.

Setelah dari Komplek Bintaro, rombongan meninjau lokasi banjir lainnya yakni Perumahan Griya Cileduk Indah II, Komplek Perumahan Semanan Jalan Daan Mogot Km 14, Jakbar, Cipinang melayu dan Cipinang Indah Jakarta Timur. (OL-11)

BERITA TERKAIT