02 January 2020, 16:53 WIB

Cuaca Ekstrem Ancam Sebagian Wilayah Jateng


Lilik Darmawan | Nusantara

WARGA di wilayah Jawa Tengah (Jateng) diminta untuk siap siaga menyusul adanya potensi cuaca ekstrem yang ditandai dengan curah hujan tinggi hingga Sabtu (4/1) mendatang.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung, Cilacap, Teguh Wardoyo, mengatakan bahwa berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan BMKG Semarang, sejumlah wilayah di Jateng bagian barat berpotensi hujan lebat.

“Sejumlah daerah di paantura bagian selatan dan pegunungan bagian tengah seperti Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas dan Purbalingga berpotensi hujan dengan intensitas tinggi pada Kamis hingga Sabtu mendatang,” kata Teguh pada Kamis (2/1).

Menurutnya, dengan curah hujan yang tinggi, maka perlu diwaspadai adanya bencana hidrometeorologis.

“BMKG telah mengirimkan prakiraan tersebut kepada dinas dan instansi terkait agar melakukan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan adanya cuaca ekstrem,”ujarnya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Ariono Poerwanto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai antisipasi, salah satunya adalah dengan meminta kewaspadaan kepada kecamatan dan desa yang merupakan wilayah rawan bencana. “Kami minta kepada kecamatan untuk siap siaga, terkait dengan cuac esktrem yang ditandai curah hujan tinggi,”ujarnya.

Sebelumnya, di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas telah terjadi tebing longsor yang menyebabkan dapur sebuah rumah ambrol. Tebing setinggi 15 meter dan lebar 7 meter itu longsor setelah hujan deras melanda wilayah setempat pada Rabu (1/1) sore. Tidak hanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (OL-11)

BERITA TERKAIT