02 January 2020, 15:48 WIB

Cegah Diare saat Banjir, Menkes Ingatkan Cuci tangan


Rifaldi Putra irian | Humaniora

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto, melakukan kunjungan ke posko pengungsian di Masjid Universitas Borobudur, Jakarta, Kamis, (2/1).

Dalam kunjungannya, Terawan terlihat memberikan semangat kepada para pengungsi serta melakukan pengecekan ketersediaan perlengkapan kesehatan pada pos kesehatan di lokasi tersebut.

"Saya prihatin bagaimanapun ini bencana yang tidak kita inginkan, dan ternyata harus dialami musibah ini oleh saudara-saudara kita. Untuk itu kita sama-sama prihatin dan mengecek. Kalau saya dari kemenkes mengecek supaya mencegah jangan sampai terjadi penyakit ataupun wabah," kata Terawan di Masjid Universitas Borobudur, Jakarta, Kamis, (2/1).

Ia mengatakan, diare menjadi salah satu penyakit yang kerap diderita masyarakat yang terdampak bencana banjir, oleh karenanya ia berpesan kepada para pengungsi untuk berlatih dari hal sederhana yakni mencuci tangan dengan bersih dan benar.

"Dan ini baru hari kedua, kita harus melihat tantangan kedepan hari-hari berikut menjadi tantangan yang besar juga untuk bidang kesehatan, yaitu kita cegah untuk terjadinya wabah diare dan sebagainya. Karena itu kita anjurkan untuk berlatih cuci tangan. Hal dari yang paling sederhana adalah cuci tangan," ungkapnya.

Baca juga : Tinjau Banjir Duri Kosambi, Anies Pastikan Warga Dapat Bantuan

Ia juga meminta pengungsi bersama dengan petugas kesehatan yang bertugas di posko Masjid Universitas Borobudur untuk dapat menjaga sanitasi.

"Setelah dari tangannya yang merupakan awal masuk makanan kedalam mulut itu bisa kita jaga kebersihannya, kemudian keluarnya juga harus kita jaga kebersihannya. Karena itu sanitasi penting, toilet jumlahnya cukup atau tidak, sumber airnya bagaimana, saya sudah cek disini semua oke," imbuhnya.

Tak lupa, dalam sela kunjunganya tersebut. Terawan mengajak para pengungsi mendoakan agar banjir cepat surut dan dapa kembali beraktivitas normal.

"Kita mendoakan juga agar banjirnya cepat surut, agar bisa pulang ke rumah dan segera bisa ke sekolah," tuturnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT