02 January 2020, 15:43 WIB

Sungai Cidurian Meluap, Ratusan Rumah di Cisoka Terendam Banjir


Sumantri | Megapolitan

Dok. BPBD Bekasi
 Dok. BPBD Bekasi
ilustrasi: Evakuasi warga korban banjir

LUAPAN Sungai Cidurian akibat curah hujan yang tinggi membuat lebih dari 500 rumah di 12 RT di Kampung Nyompok Girang, Desa Carenang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten, masih terendam banjir.

Sekitar 70 orang di RT 17 Desa Carenang dilaporkan terjebak di tengah air pasang dengan ketinggian mencapai lebih dari 2,5 meter. Minimnya perahu karet untuk evakuasi juga membuat petugas penyelamat tak bisa berbuat banyak sambil menunggu bantuan lainnya.

"Baru ada satu perahu karet, masih ada sekitar 20 KK terjebak dan belum dievakuasi di RT 17," ungkap salah seorang warga, Roni.

Baca juga:  Jokowi Perintahkan Evakuasi Korban Banjir Dipercepat

Ia melanjutkan, air mulai pasang dan mengepung permukiman warga sejak Rabu (1/1) pukul 22.00 WIB. Sekitar 700 warga dari 12 RT di Desa Carenang, Kecamatan Cisoka, itu terendam banjir. Dari 12 RT yang ada, RT 24 memiliki kondisi terparah dengan ketinggian air hingga melebihi atap rumah.

"Terparah di RT 24 tapi sebagian besar sudah dievakusi tinggal di RT 17 aja yang belum, ada sekitar 70 orang," tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan upaya penyelamatan masih terus dilakukan oleh warga dan beberapa petugas dari regu penyelamat BPBD Kabupaten Tangerang. Minimnya perahu karet membuat proses evakuasi menjadi terhambat. Meski tak ada korban jiwa namun puluhan warga dilaporkan masih terjebak dan belum terevakuasi.(OL-5)

BERITA TERKAIT