02 January 2020, 13:00 WIB

Ini Kiat Jaga Asi Aman di Bencana


Bagus Pradana | Weekend

123rf
 123rf
menjaga suhu ASIP bisa mencegah basi.

INTENSITAS hujan yang tinggi dua hari ini menyebabkan sejumlah kawasan di Jabodetabek mengalami banjir. PLN pun memutuskan melakukan pemadaman listrik di kawasan yang memiliki genangan tinggi guna mencegah korban tersengat listrik.

Namun bagi mereka yang masih dalam program air susu ibu (ASI) ekslusif, was-was  stok ASI Perah (ASIP) yang disimpan di lemari pendingin akan terbuang percuma karena basi. Menjawab keresehan itu, komunitas Ayah ASI Indonesia melalui akun instagramnya @id_ayahasi berbagi kiat agar ASIP aman saat mati listrik.

ASIP sendiri dibagi dua fase, ASI segar dan ASI usable. ASI segar ialah asi yang baru dipompa dengan kadar nutrisi dan antibodi yang masih baik. Sedangkan ASI Usable sudah mengalami proses penyimpanan. Namun jika telalu lama disimpan kandungan nutrisi dalam ASI akan rusak dan lebih berpotensi basi. Di suhu ruangan yang biasa ASI memiliki ketahanan hingga 3-4 jam, bila dalam lemari pendingin bisa bertahan 8 hari, sedangkan jika dibekukan bisa 3-6bulan.

Berikut adalah langkah-langkah menjaga suhu ASIP tetap dingin dari Ayah ASI Indonesia.

1. Pintu kulkas jangan sering dibuka
Ketika listrik mati suhu di dalam kulkas biasanya masih stabil. Usahakan menjaga kestabilan suhu itu dengan meminimalisir membuka-tutup kulkas guna mencegah masuknya suhu panas dari luar yang  mempengaruhi kestabilan suhu.

2. Sediakan es batu di sekeliling ASIP
Langkah darurat menjaga agar ASIP tetap dingin, dengan meletakan es batu di sekeliling botol penyipanan ASIP. Tujuannya menjaga suhu stok ASIP tetap dingin dan stabil.

3. Bungkus dengan koran dan letakkan saling menempel.
Cara untuk menjaga kestabilan suhu ASIP dengan membungkus botol dengan kertas atau koran bekas. Cara ini menahan suhu tidak berpindah atau mengalami penguapan secara cepat. Selain itu susun botol saling menempel untuk menjaga suhunya.

4. Titipkan pada tetangga atau Famili
Jika pemadaman listrik berlangsung lama segera hubungi tetangga atau kerabat terdekat anda untuk menitipkan stok ASIP anda di kulkas mereka sementara.

5. Hubungi pihak berwajib, jika membutuhkan pertolongan segera
Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pihak yang berwajib, jika dirasa membutuhkan bantuan karena keselamatan Buah Hati yang utama. (M-3)

BERITA TERKAIT