02 January 2020, 07:44 WIB

Sungai-Sungai di Kalsel Mulai Meluap


Denny Susanto | Nusantara

MI/Denny Susanto
 MI/Denny Susanto
BPBD Kalsel telah mengeluarkan peringatan meluapnya sungai-sungai di wilayah itu agar masyarakat waspada.
 

TINGGINYA intensitas hujan yang turun di sebagian besar wilayah Kalimantan Selatan menyebab sungai-sungai di wilayah tersebut mulai meluap. Pemerintah Provinsi Kalsel meminta Pemkab/Pemkot waspada ancaman terjadinya bencana banjir.         

Informasi yang dihimpun dari Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel menyebutkan saat ini sungai-sungai di Kalsel mengalami kenaikan air muka yang signifikan akibat hujan deras dan di beberapa wilayah mulai meluap. Bahkan luapan air sungai menyebabkan banjir di sejumlah lokasi seperti Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin dan Cempaka, Kota Banjarbaru.   

Sedangkan di Kota Banjarmasin, hujan deras dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan wilayah ini terutama ruas-ruas jalan terendam akibat buruknya sistem drainase kota. Kenaikan air muka sungai-sungai di Kalsel diperkirakan antara 1-2 meter.

Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin Ujud, Kamis (2/1/2019), mengatakan pihaknya memprediksi jika intensitas hujan yang tinggi terus terjadi maka wilayah bagian hulu Kalsel seperti Kabupaten Tabalong, Balangan dan Hulu Sungai Utara akan mengalami banjir. 

"Karakter banjir tahunan di Kalsel ini biasanya dimulai dari bagian hulu dan terus turun ke hilir. Untuk mengantisipasi bencana banjir ini kita telah memasang alat pendeteksi banjir," ujarnya.         

BPBD Kalsel mencatat kemarin banjir merendami sedikitnya 35 rumah warga di Desa Raya Belanti Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. Banjir juga terjadi di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yang merendami puluhan rumah warga. Menurut Wahyudin sebagian besar wilayah Kalsel adalah zona merah bencana banjir. 

Sekretaris Daerah Kalsel, Abdul Haris Makkie, ditemui saat rapat koordinasi Evaluasi Penanganan Karhutla dan Antisipasi Bencana Banjir di Kalsel beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya telah meminta kabupaten/kota untuk siaga menghadapi ancaman bencana pada musim penghujan tahun ini.          

“Kalsel siaga menghadapi ancaman bencana banjir, khususnya di Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tapin,   Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru,” katanya. 

baca juga: Tahun Baru Terjadi Teror Penembakan di Tembagapura

Karenanya pihaknya juga menghimbau BPBD menyiapkan peralatan- peralatan untuk penanggulangan banjir mulai dari perahu karet kemudian penyiapan tempat untuk evakuasi dan sebagainya. (OL-3)

 
BERITA TERKAIT