01 January 2020, 19:30 WIB

Dua Remaja Hilang Terseret Gelombang Pantai Selatan 


Lilik Darmawan | Nusantara

MI/Lilik Darmawan
 MI/Lilik Darmawan
Petugas siap melakukan pencarian korban

GELOMBANG tinggi yang melanda Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Tengah (Jateng) mengakibatkan dua remaja hilang. Peristiwa terseretnya dua remaja itu terjadi di Pantai Laguna Lembupurwo di Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kebumen. Hingga petang, kedua remaja masih hilang dan tim SAR melakukan pencarian.

Dua remaja yang dinyatakan hilang ditelan gelombang adalah Fadlun, 18, warga Desa Mangunranan, Kecamatan Mirit dan Zamzam, 16, warga Desa Mrinen, Kecamatan Kutowinangun. Keduanya terseret ombak ketika tengah berlibur di pantai setempat.

Kapolres Kebumen Ajun Komisaris Besar Rudy Cahya Kurniawan mengatakan saat peristiwa terjadi, kedua remaja mandi di pantai.

“Namun, karena terlalu ke tengah, keduanya terseret gelombang yang datang. Kemungkinan keduanya terbawa arus “rip current” atau arus balik yang terbentuk akibat arus datang tegak lurus garis pantai dan menemui garis pantai yang melengkung. Arus ini dapat menyeret seseorang yang sedang berenang ke tengah laut,” jelasnya.

Sebetulnya Polres Kebumen telah mengingatkan wisatawan untuk menghindari mandi di laut. Sejumlah spanduk himbauan larangan mandi telah dipasang di sepanjang pantai di Kebumen. Melalui patroli polsek dan persone pengamanan polres, Polres Kebumen gencar melakukan imbauan agar wisatawan tidak nekat mandi di laut. (OL-11)

BERITA TERKAIT