01 January 2020, 17:39 WIB

Awal Tahun Riau Gelar Penyambutan Turis Mancanegara


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

MI/Rudi Kurniawansyah
 MI/Rudi Kurniawansyah
Penyambutan turis mancanegara perdana pada 2020 di Pekanbaru, Riau, Rabu (1/1/2020)

DINAS Pariwisata Riau bersama PT Angkasa Pura II, Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, menyambut kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis di awal tahun 2020.  Kedatangan turis di Kota Pekanbaru itu disuguhi tarian Randai Kuantan Singingi dan minuman tradisional khas melayu Riau, yakni es Air Mata Pengantin.

Suara alunan musik kompang, biola dan akordion mengiringi joget penari randai di acara penyambutan wisman. Digelar di terminal kedatangan Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, pada Rabu (1/1/2019). Turut hadiri pada acara itu Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Riau Raja Yoserizal dan Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim II Yogi Prasetyo.

Pada kegiatan tersebut dua wisman kewarganegaraan Afrika Selatan berkesempatan menerima sambutan itu. Mereka adalah pasangan suami istri yakni Dalal Abdulmajed Faden dan Youse Majdi Fadrn. Setiba di ruang kedatangan internasional Bandara SSK II, dua wisman itu langsung dikenakan tanjak dan selendang khas melayu Riau oleh Plt Kadispar Riau, Raja Yoserizal. Kemudian, wisman itu diajak mencicipi minuman tradisional es Air Mata Pengantin, dilanjutkan menari randai bersama. 

Plt Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau Raja Yoserizal mengatakan kegiatan penyambutan turis mancanegara itu merupakan kebiasaan rutin pada awal tahun yang dilakukan Dinas Pariwisata Riau bekerja sama dengan pihak manajemen Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

"Sengaja kami sambut dengan tarian Randai Kuantan Singingi dan minuman air mata pengantin. Hal ini dilakukan untuk memberikan atraksi sekaligus memperkenalkan tarian dan kuliner khas Riau," jelasnya.

Dia menerangkan, menurut data yang dihimpun pihak maskapai Air Asia, jumlah penumpang kewarganegaraan asing yang tiba di Bandara SSK II Pekanbaru, pada Rabu (1/1) pukul 07.30 WIB dan 10.30 WIB sebanyak 19 orang. Terdiri dari warga Malaysia 11 orang, Taiwan 2 orang, India 2 orang, Hongkong 2 orang dan Afrika Selatan 2 orang.

Wisatawan mancanegara Afrika Selatan Dalal Abdulmajed Faden mengatakan dia datang ke provinsi Riau untuk bejumpa keluarganya sekaligus akan mengunjungi destinasi sejarah yang ada di daerah yang dijuluki Bumi Lancang Kuning itu. 

"Terimakasih atas sambutan yang sangat mengejutkan ini. Kami sangat bahagia dan merasa dihormati. Kami akan berkunjung di Pekanbaru, Riau dalam beberapa hari untuk menghadiri acara pertemuan keluarga dan mendatangi tempat sejarah wisata di Ria," ungkapnya.

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Stastistik dan Dinas Pariwisata Provinsi Riau jumlah wisman yang berkunjung ke Riau, terhitung mulai Januari hingga September 2019 lalu, sebanyak 115.801 orang.

baca juga: Polres Tasikmalaya Ungkap 56 Kasus Narkoba Tahun 2019

Rekapitulasi angka jumlah kedatangan wisman ini dihitung berdasarkan 5 pintu masuk utama, yaitu Bandara SSK II sebanyak 24.979 orang, Pelabuhan Dumai 9.314 orang, Pelabuhan Bengkalis 4.240 orang, Pelabuhan Selat Panjang 949 orang dan Pelabuhan lainnya sebanyak 76.319 orang.(OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT