01 January 2020, 17:21 WIB

Saan Mustopa Ajak Warga Karawang Nobar Wayang Golek


Cikwan Suwandi | Nusantara

MI/Cikwan Suwandi
 MI/Cikwan Suwandi
Pertunjukan wayang golek Pisangsambo, Karawang, Selasa (31/12/2019).

MERAYAKAN Tahun Baru 2020, anggota DPR RI Saan Mustopa melaksanakan reses dengan menggelar pertunjukan wayang golek di Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya, Karawang.

"Kebetulan hari ini saya reses. Dan sekalian ini merupakan ajang silaturahmi kita dengan masyarakat Karawang dalam menyambut tahun 2020," ungkap Saan Mustopa di Pisangsambo, Karawang, Selasa (31/12/2019).

Kader NasDem itu mengungkapkan pelaksanaan perayaan Tahun Baru menggelar wayang golek itu disebutnya sebagai komitmen dalam menjaga kelestarian kebudayaan tradisional.

Saan mengaku saat ini kondisi wayang golek kurang populer. Padahal dalam kesenian wayang yang terbuat dari kayu tersebut memiliki nilai-nilai filosopi kebangsaan yang positif.

"Kita juga ingin mengajak generasi-genarasi milineal untuk ikut melestarikan kebudayaan tradisional," terang Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Wayang golek dipilih, karena dinilainya sangat efektif dalam menyampaikan sosialisasi kebangsaan kepada masyarakat. 

"Karena bahasanya mudah dicerna oleh seluruh lapisan masyarakat di Karawang," katanya.

baca juga: Banjir Juga Terjang Karawang

Sementara itu di tahun 2020, Saan berharap keadaan ekonomi, sosial dan politik di Indonesia makin membaik. Bagaimana masyarakat bisa menjaga demokrasi di Indonesia.

"Jangan sampai ada lagi yang mudah terprovokasi. Berdemokrasi kita adalah untuk menjaga kesatuan bernegara," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT