01 January 2020, 15:16 WIB

Rumah di Bibir Cipakancilan Longsor, Satu Orang Tewas Tertimbun


Dede Susianti | Megapolitan

MI/Dede Suasianti
 MI/Dede Suasianti
Rumah di pemukiman liar di bibir Kali Cipakancilan, anak Sungai Ciliwung longsor di Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Bogor

SATU rumah yang berada di bibir kali Cipakancilan, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, tertimpa longsor dari tebing.

Bencana longsor tersebut merupakan dampak hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kota Bogor sejak Selasa (31/12) siang hingga saat ini.

Rumah yang tertimpa longsoran tebingan dengan ketinggian sekitar 10 sentimeter itu dihuni satu kepala keluarga dengan jumlah lima orang. Peristiwa tersebut menyebabkan satu korban jiwa, sedangkan empat lainnya mengalami luka-luka. 

Korban meninggal bernam Kusmiati, 35, sementara korban luka-luka yakni Saepuloh, Heriawan, Dara dan Aisyah.

Seorang saksi yang juga merupakan warga sekitar, Asep Rohman, 38, mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 07.15 WIB. 

"Pas kejadian saya di dalam rumah. Istri saya yang tahu persisnya. Dia habis dari orangtuanya. Pas lewat langsung longsor. Istri saya manggilin saya, 'Pak.. pak longsor'. Terus gak lama yang di dalam rumah tetangga teriak-teriak manggilin saya minta tolong, 'Tolong..tolong ada yang ketiban'. Terus saya lari keluar nolongin," ungkap Asep.

Baca juga: Evakuasi Warga di Jakarta Timur, Satgas Brimob Temukan 1 Korban

Menurutnya, sebelum kejadian sempat terdengar suara gemuruh berbarengan dengan petir.

"Hujannya gede juga, kirain apa," imbuhnya.

Asep mengaku sudah tinggal di zona berbahaya itu sejak tahun 1998. Tanah di daerah iu pun kerap mengalami llongsor terleboh di musim penghujan.

Komandan Regu (Danru) dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Bogor, Maruli Sinambela, mengatakan, longsor memang diakibatkan hujan deras yang tak henti. 

"Untuk korban yang meninggal itu dia tertimbun. Dia tertimbun setengah badan dari dada sampai bawah kaki. Sekitar 7.30 WIB sudah kita evakuasi," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT