01 January 2020, 14:00 WIB

HK Pastikan Tol JORR Seksi S Aman Dilalui Pengguna Jalan


Hilda Julaika | Ekonomi

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Ilustrasi Tol JORR

SEJUMLAH wilayah di Jakarta diguyur hujan deras hingga menyebabkan beberapa daerah terendam banjir. Akibatnya fasilitas umum pun ikut terganggu. Salah satunya kerusakan lapisan perkerasan di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi S yang berada tepat di Underpass Pasar Rebo hari ini, Rabu (1/1).

Sejumlah pengguna jalan pun menyampaikan keluhannya melalui jejaring sosial Whatsapp. Para pengguna jalan mengeluhkan ketidaknyamanan atas kondisi aspal di Tol JORR ini. Atas keluhan ini, PT Hutama Karya (HK) Persero selaku pengelola ruas tol telah menerjunkan petugasnya untuk mengecek kondisi di lapangan.

Merespon keluhan pengguna jalan yang viral di jejaring sosial whatsapp, PT Hutama Karya (Persero) (HK) selalu pengelola ruas tol ini langsung menerjunkan petugas untuk mengecek kondisi lapangan.

Menurut Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J Aries Dewantoro, hasil dari pengecekan ditemukan kerusakan lapisan perkerasan yang diakibatkan oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak Selasa (31/12) pukul 15.00 WIB. 

 “Kami sudah lakukan pembersihan lokasi dan penempatan petugas untuk pengamanan sehingga pengendara yang melintasi daerah ini merasa semakin nyaman dan tidak terganggu,” ujar Aries melalui keterangan resmi, Rabu (1/1).

Baca juga: Tol JORR 2 akan Hubungkan Kawasan Industri dan Pusat Distribusi

Untuk ruas Tol JORR S ini Hutama Karya telah melakukan pemeliharaan secara rutin mulai dari pemeliharaan preventif terhadap jalan dengan cara memperlambat laju kerusakan jalan, rehabilitasi perkerasan, serta pemeliharaan rutin khusus untuk ruas tol yang masih dalam masa pemeliharaan kontraktor.

Adapun terkait keluhan lain mengenai lampu tunnel yang mati Underpass Pasar Rebo, tim Hutama Karya juga telah melakukan pengecekan di lokasi dan memastikan kondisi lampu tunnel saat ini masih menyala dengan baik.

Aries pun memastikan Tol JORR ini aman dilalui pengendara.

"Pada dasarnya kami mengakui di beberapa titik tertentu, mungkin saja ada ketidaknyamanan, sehingga kami terus menerus melakukan perbaikan dan penyempurnaan untuk kenyamanan pengguna jalan. Namun demikian, dari sisi keamanan pengguna jalan, Hutama Karya memastikan Jalan Tol JORR-S aman dilalui," jelasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT