01 January 2020, 13:29 WIB

Meski Banjir, BBM dan LPG Jakarta Normal


Sri Utami | Megapolitan

HUJAN yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak malam pergantian tahun membuat beberapa wilayah tergenang banjir. Meski terjadi genangan air di beberapa ruas jalan, namun Pertamina memastikan pasokan BBM untuk SPBU dan LPG dari Integrated Terminal Jakarta tetap berjalan normal. 

Pada Integrated Terminal Jakarta terdapat Fuel Terminal Plumpang, Fuel Terminal Priok, dan LPG Terminal Priok yang menjadi jalur distribusi LPG subsidi 3KG ke wilayah Jabodetabek. 

Unit Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami menyatakan pasokan BBM untuk SPBU di wilayah Jakarta dan sekitarnya dipastikan aman, mengingat sejak Senin hingga Selasa (30 & 31 Desember) beberapa SPBU di Jakarta dan sekitarnya telah mendapat pasokan penuh BBM, guna mendukung mobilitas masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun.

Sementara untuk hari ini pasokan BBM maupun LPG tetap dilakukan dan berjalan normal, meski sejumlah ruas jalan mengalami genangan.

Namun demikian, terdapat beberapa SPBU yang tidak beroperasi karena akses jalan di sekitar SPBU tergenang air. Selain itu, listrik di beberapa SPBU juga dimatikan untuk menjaga keamanan dan keselamatan, imbas genangan. 

Beberapa SPBU yang untuk sementara tidak beroperasi diantaranya :

1. SPBU 3411704 di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat

2.SPBU 3411705 di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat

3. SPBU 3411502 di Jalan Panjang Kebon Jeruk, Jakarta Barat

3. SPBU 3110702 di Jalan H. Samanhudi, Sawah Besar, Jakarta Pusat

5.SPBU 3410507 di Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

6. SPBU 3413202, di Pulogadung, Jakarta Timur
7. SPBU 3413205 di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur

Dewi mengungkapkan, pihaknya memohon maaf atas kendala tersebut. Genangan air yang cukup tinggi kisaran 30 sampai 50 cm di sekitar SPBU, sehingga tidak memungkinkan SPBU beroperasi. 

"Beberapa jaringan listrik dimatikan, karena faktor safety. Namun demikian, saat ini warga Jakarta juga tidak banyak beraktivitas karena akses jalan terhambat," tambahnya.

Sebagian besar SPBU yang masih beroperasi, bisa menjadi alternatif bagi masyarakat, terutama di wilayah yang tidak terkena banjir.

"Tentunya jika kondisi sudah pulih dan aman untuk operasional SPBU akan dibuka kembali," jelasnya.

Sementara itu pasokan LPG juga masih aman. Meski sejumlah wilayah yang terendam menjadi kendala bagi masyarakat, Pertamina tetap menyiagakan Agen dan Pangkalan LPG Siaga. Hal ini dilakukan karena Pertamina masih dalam masa Satgas Natal dan Tahun Baru. (OL-11)

BERITA TERKAIT