01 January 2020, 06:00 WIB

Stadion Kayu Pertama di Dunia Bakal Dibangun di Inggris


Anggi Tondi Martaon | Olahraga

Foto: Designboom/Mir
 Foto: Designboom/Mir
Stadion kayu yang dibangun Zaha Hadid.  

DESAIN stadion kayu yang dirancang oleh Zaha Hadid Architects (ZHA) telah disetujui. Stadion tersebut akan menjadi markas klub sepak bola Inggris, Forest Green Rovers F.C.
 
ZHA mengajukan desain tersebut ke pihak otoritas berwenang di Inggris pada 2016. Proyek yang dinamai Ecopark Stadium itu akan dinobatkan sebagai stadion kayu pertama di dunia.
 
Dikutip dari Designboom, metode konstruksi yang digunakan dalam pembangunan stadion adalah rendah karbon. Seluruh elemen stadion pun menggunakan balok kayu.


Adapun jenis kayu yang akan digunakan yaitu laminasi. Jenis kayu tersebut dianggap tahan lama, aman, dan bisa didaur ulang.
 
Rencananya, kapasitas Ecopark Stadium berjumlah 5.000 kursi. Jarak penonton dengan lapangan sepak bola hanya lima meter.
 
Lebih jauh, luas proyek pembangunan mencapai 100 hektare (ha) tersebut tak hanya menjadi markas klub, tetapi juga kawasan yang bersifat multifungsi, seperti ruang publik.
 
Selain itu, Ecopark Stadium juga akan menjadi ruang kelanjutan ekspansi perusahaan energi milik Dale Vince, pemilik klub Forest Green Rovers F.C. Di antaranya pengembangan cagar alam dan pusat transportasi umum.(Medcom/OL-12)
 

 

BERITA TERKAIT