01 January 2020, 01:00 WIB

UMK Naik, Kemampuan Beli Rumah Makin Tinggi


Rizkie Fauzian | Ekonomi

TAHUN depan, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) bakal naik rata-rata 8,51 persen. Kabupaten Karawang menjadi wilayah yang paling tinggi kenaikan upahnya.
 
Jika membandingkan data harga rumah (Median Asking Price Oct 2019) dari Rumah.com Property Index terhadap UMK 2020 di Kabupaten/Kota di Indonesia menunjukkan adanya rasio harga rumah terhadap UMK yang cukup bervariasi.
UMK Naik, Kemampuan Beli Rumah Makin Tinggi
Data Rumah.com
 
"Selain itu juga menunjukkan adanya kemampuan pekerja untuk membeli rumah di wilayah tersebut. Data tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Karawang ternyata mengalami kenaikan harga properti yang juga sangat tinggi, bahkan tertinggi dibanding daerah lain," kata Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan.

"Catatan khusus untuk Karawang, melihat kenaikan harga yang tinggi diiringi potensi kenaikan yang masih cukup tinggi melihat rasio terhadap UMK maka potensi kenaikan properti masih akan terjadi," jelasnya.
 
Apalagi Karawang semakin berkembang dengan infrastuktur seperti jalan tol Jakarta Cikampek II Elevated yang mulai dioperasikan pada 15 Desember 2019 dan jalan tol Jakarta Cikampek II Selatan yang saat ini sudah mulai dibangun.
 
Sementara itu, di kota-kota provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ternyata kenaikan harga properti masih rendah bahkan di Sidoarjo harga properti turun dibanding tahun lalu. Padahal kenaikan upah minimum cenderung seragam di angka 8,51 persen.
 
"Namun jika dilihat rasio harga properti terhadap UMK memang kebanyakan sudah cukup tinggi. Di Surakarta dan Yogyakarta misalnya, rasio harga properti hampir mencapai lima kali lipat terhadap UMK," ungkap Ike.

BERITA TERKAIT