01 January 2020, 01:30 WIB

Tren Ponsel Apa yang Bakal Muncul Tahun 2020?


Lufthi Anggraeni | Teknologi

DALAM satu tahun terakhir, ranah teknologi, terutama smartphone, mengalami banyak kemajuan. Hal ini diindikasikan oleh berbagai tren yang bermunculan pada tahun lalu, mewakili inovasi yang dihadirkan oleh produsen.
 
Jelang pergantian tahun dari 2019 ke 2020, tren di ranah smartphone juga kian berkembang. Salah satunya didorong oleh gelaran jaringan konektivitas generasi terbaru 5G, yang akan mulai tersedia di lebih banyak negara.
 
Saat ini, jaringan 5G baru tersedia di sejumlah negara seperti Korea Selatan, Tiongkok dan Amerika Serikat, meski di negara tersebut, jaringan ini baru mencakup wilayah sangat terbatas. Tahun 2020, sejumlah negara telah bersiap menggelar jaringan 5G ini, termasuk Jepang dan Philipina.

Semakin luasnya ketersediaan jaringan 5G ini memunculkan tren kemunculan perangkat dengan dukungan jaringan ini di tahun depan. Bahkan sejak tahun 2019 ini, sejumlah produsen telah mengungkapkan rencana mereka untuk menghadirkan smartphone 5G dengan harga terjangkau.
 
Rencana produsen smartphone ini juga didukung oleh produsen chipset prosesor, termasuk MediaTek, yang merilis chipset sebagai solusi perangkat 5G dengan harga terjangkau, dengan nomor model MT6885 dan MT6873.
 
Salah satu produsen yang dikabarkan berencana untuk menghadirkan smartphone 5G lainnya adalah Samsung. Samsung dilaporkan tengah berdiskusi untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Taiwan ini.
 
Tahap negosiasi yang dilakukan Samsung dengan MediaTek dilaporkan untuk memungkinkan chip 5G low-end karya produsen chipset ini dapat digunakan pada ponsel cerdas Samsung model Galaxy A dan Galaxy M.
 
Bahkan, sejumlah pihak telah memprediksi bahwa Huawei akan mengapalkan hingga 100 juta unit smartphone 5G di negara asalnya, Tiongkok, pada tahun 2020 mendatang. Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2019, produsen smartphone kian berlomba menghadirkan perangkat dengan dukungan kamera beresolusi tinggi.
 
Tren ini juga akan berlanjut di tahun 2020 mendatang. Saat ini, resolusi tertinggi yang diusung kamera smartphone 64MP, sehingga tahun 2020 mendatang, diperkirakan kamera smartphone akan mengusung resolusi lebih tinggi dari saat ini.
 
Selain Samsung yang telah merilis sensor kamera beresolusi 108MP, Xiaomi juga telah memberikan indikasi bahwa perusahaannya tengah bersiap untuk memboyong smartphone dengan dukungan kamera 108MP ke Indonesia.
 
realme pun telah bersiap untuk masuk ke ranah yang sama pada tahun 2020 mendatang. Sebelumnya pihak global realme mengonfirmasi persiapan perusahaan mereka untuk menghadirkan smartphone dengan dukungan kamera tersebut, meski belum memberikan petunjuk menyoal seri smartphone tersebut.
 
Namun, tidak hanya menyoal resolusi, tren kamera smartphone pada tahun 2020 mendatang juga terkait dengan jumlah lensa yang disematkan produsen pada ponsel cerdas karyanya. Jika saat ini dukungan empat kamera merupakan jumlah terbanyak, tahun 2020, diperkirakan akan dimeriahkan oleh lebih banyak sematan kamera.
 
Tren lain yang juga akan berkembang pada tahun 2020 termasuk refresh rate yang mendukung layar smartphone kelas menengah. Tahun 2020 diperkirakan akan menjadi tahun kemunculan ponsel dengan refresh rate lebih tinggi dari refresh rate saat ini, yaitu sekitar 90Hz.
 
Berkembangnya tren ini salah satunya didukung oleh harga penawaran teknologi ini yang semakin terjangkau. Sehingga layar dengan refresh rate lebih tinggi juga akan tersedia pada ponsel cerdas dengan penawaran harga lebih terjangkau.(Medcom/OL-12)
 

 

BERITA TERKAIT