31 December 2019, 15:08 WIB

Presiden Sebut Bendung Kamijoro untuk Ketahanan Pangan


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
 Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro dalam kunjungan kerjanya ke DI Yogyakarta

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Bendung Kamijoro dalam kunjungan kerja ke DI Yogyakarta. Peresmian tersebut berlangsung di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12).

Bendung Kamijoro, kata Jokowi, sangat penting bagi ketersediaan suplai air dan mendukung aktivitas masyarakat setempat.

"Bendung yang dibangun di aliran Sungai Progo sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan karena memberikan kepastian dan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," ujar Presiden, Selasa (31/12).

Bendungan ini diharapkan dapat menyediakan kebutuhan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 2.370 hektare yang ada di Kabupaten Bantul sekaligus meningkatkan intensitas tanam dari semula berkisar pada angka 205% menjadi 270%.

"Bendung Kamijoro ini juga sangat bermanfaat untuk persediaan air baku baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kulon Progo dannantinya bisa juga sampai ke Kota Yogyakarta," ungkap Kepala Negara.

Bendungan yang berada di sebagian Kabupaten Kulon Progo dan Bantul tersebut mulai dibangun sejak 2016 dan kini telah beroperasi serta memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Presiden Akan Resmikan Bendung Kamijoro Hari Ini

Setidaknya sebanyak 11 desa dari 4 kecamatan memperoleh manfaat irigasi dari adanya bendungan tersebut. Selain itu, lokasi bendungan tersebut juga bertransformasi menjadi destinasi wisata bagi masyarakat setempat sekaligus memberikan dampak ekonomi bagi daerah.

"Saya tadi memperhatikan sepintas Bendung Kamijoro ini sangat indah. Ada taman bermain, ada plasa terbuka, saya tahu ini sudah menjadi tempat tujuan wisata," tuturnya.

Presiden berharap agar pemerintah daerah setempat dapat menjaga dan merawat bendungan agar dapat terus beroperasi dengan baik. Masyarakat setempat juga diminta memanfaatkan bendungan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Setelah ini saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bendung Kamijoro dengan sebaik-baiknya. Petani bisa hidup lebih sejahtera, usaha kecil juga bisa tumbuh di kanan-kiri Bendung dan kita harapkan pendapatan masyarakat meningkat karena banyak wisatawan yang datang ke sini," pungkasnya.

Selepas meresmikan bendungan tersebut, Kepala Negara berjalan melalui jembatan di sekitar bendungan yang juga menghubungkan Kabupaten Kulon Progo dan Bantul untuk meninjau fasilitas yang ada.

Masyarakat yang sedari awal berkumpul di seberang jembatan menyambut kehadiran Presiden dengan antusias. Presiden pun menghampiri warga dan berinteraksi dengan mereka.

Hadir dalam acara peresmian tersebut di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur DI Yogyakarta Hamengkubuwonoi X dan dua Staf Khusus Presiden Aminuddin Ma'ruf serta Ayu Kartika Dewi.(OL-5)

BERITA TERKAIT