31 December 2019, 12:38 WIB

Bupati Muba Minta Camat dan Lurah Antisipasi Longsor dan Banjir


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menginstruksikan kepada Kepala BPBD bersama OPD terkait dan seluruh camat, lurah bersama jajaran sesuai tingkatan untuk mengimbau warga Muba mengantisipasi gerakan tanah longsor dan banjir di wilayah kerja masing masing. Hal itu sebagai tindak lanjut surat imbauan dari Mendagri perihal antisipasi menghadapi gerakan tanah, tanah longsor dan banjir.

"Saya menginstruksikan BPBD dan dinas terkait bersama-sama camat dapat mengambil langkah jangka pendek, menengah dan panjang dalam penanggulangan bencana gerakan tanah atau tanah longsor dan banjir di wilayah kerja masing-masing," kata Bupati Muba, Dodi Reza Alex, Selasa (31/12/2019).

Camat dan lurah diminta untuk meningkatkan edukasi budaya sadar bencana kepada masyarakat. Kemudian tidak melakukan pemotongan lereng terlalu tegak, menghindari aktivitas di lereng yang curam, tidak membuang sampah di sungai, melakukan pembersihan drainase atau saluran air. Dia menambahkan setiap desa membuat bangunan penahan untuk daerah rawan longsor, membuat biopori dan sumur resapan untuk wilayah dengan topografi datar.

baca juga: Harga Ayam Pedaging di Aceh Naik

"Serta mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama warga yang tinggal di wilayah rawan longsor. Setiap kejadian bencana harus dilaporkan kepada Bupati Muba sebagai bahan tindak lanjut," pungkasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT