31 December 2019, 07:52 WIB

Jelang Akhir Tahun Okupansi Hotel Diprediksi Capai 80 Persen


Rudi Agung | Nusantara

KETUA Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Balikpapan, Salman Urip memperkirakan sepanjang 2019 tingkat okupansi (keterisian) hotel berbintang di kota ini sekitar 50-60 persen. Angka ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya yang bisa mencapai angka 80 persen. Kendati demikian, menjelang liburan Tahun Baru 2020, ia memprediksi tingkat okupansinya akan kembali ke angka 80 persen.

"Akhir tahun biasanya orang keluar liburan. Kenaikannya bisa mencapai 70 sampai 80 persen," jelasnya, Senin (30/12/2019).

Meski tak ada data pasti, sambung Salman prediksi itu dinilai realistis. Sebab, Balikpapan kerap menjadi satu destinasi berlibur bagi wisatawan domestik di Kaltim.

Salman mengakui rata-rata tahunan tingkat okupansinya masih menurun dibanding lima tahun belakangan.

"Karena melambatnya pertumbuhan ekonomi ikut mempengaruhi tingkat okupansi menjadi fluktuatif. Jauh berbeda dengan kondis empat-lima tahun terakhir," ujarnya.

Sejak lima tahun terakhir tingkat okupansi hotel bintang 3-5 di Balikpapan, menurut Salman, tak pernah menyentuh angka 70 persen. Termasuk tahun ini.

"Untuk tahun 2019 secara keseluruhan masih di bawah 60 persen," jelasnya.

baca juga: Pemerintah Kurang Perhatikan Sektor Transportasi Darat

Ia berharap Pemkot Balikpapan bisa meningkatkan pariwisata di kota ini. Senada dengannya, Ketua Komisi II DPRD Balikpapan, Riri Saswita Diano, mengatakan sudah selaiknya Pemkota Balikpapan memberi perhatian lebih terhadap pengengembangan objek wisata dengan mengucurkan dana yang memadai. Selama ini, ia mengaku prihatin alokasi anggaran untuk pariwisata dinilai kecil yang berkisar di angka Rp10 miliar. Anggaran APBD 2020 tersebut diploting untuk penyelenggaraan empat program dan 15 kegiatan bidang wisata. Ia menilai anggaran tersebut lebih kecil dibanding anggaran untuk bidang kepemudaan sebesar Rp15 miliar.

"Sulit untuk bicara pengembangan pariwisata jika tidak didukung anggaran memadai," ujarnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT