31 December 2019, 00:00 WIB

Misi Ganda Arteta di Emirates


livescore/Faj/R-1 | Sepak Bola

Ian KINGTON / IKIMAGES / AFP
 Ian KINGTON / IKIMAGES / AFP
Pemain Chelsea Jorginho (kiri) merayakan gol dengan rekannya Cesar Azpilicueta (kanan), di Liga Primer Inggris antara Arsenal vs Chelsea.

DUA laga perdana setelah didapuk sebagai pelatih Arsenal, dilalui Mikel Arteta dengan hasil kurang memuaskan. Imbang kontra Bournemouth dan kalah dari Chelsea di kandang, membuat Arteta belum bisa meraih simpati pendukung the Gunners, julukan Arsenal.

Bahkan, kekalahan dari Chelsea di Derbi London, Minggu (29/12), menghadirkan rekor buruk bagi Arsenal. Mereka mengantongi empat kekalahan beruntun di kandang. Catatan ini terburuk sejak Desember 1959.

Arteta berpeluang untuk menghentikan rekor buruk tersebut saat menjamu Manchester United pada lanjutan Liga Primer, Kamis (2/1/2020) dini hari. Bahkan, jika mampu meraih kemenangan, dipastikan Arteta akan mendapat simpati para fan Meriam London.

Namun, misi meraih kemenangan atas ‘Setan Merah­’ bukan hal yang mudah dituntaskan. Arteta memiliki sejumlah pekerjaan rumah dengan rapuhnya lini belakang.

Pada laga kontra Chelsea, barisan pertahanan Arsenal bermain solid pada babak pertama. Namun, malapetaka datang ketika Calum Chambers harus ditarik keluar karena cedera­. Masuknya Shkodran Mustafi tak mampu menjadi duet yang tangguh bagi David Luiz. Hasilnya, Arsenal kalah 1-2.

Namun, Arteta bisa memainkan gelandang serang Dani Ceballos serta Granit Xhaka yang absen saat melawan Chelsea. Hadirnya Ceballos dan Xhaka dipastikan akan menambah kekuatan Arsenal menghadapi ‘Setan Merah’.

Di sisi lain, Manchester United juga bertekad menjaga tren positif setelah meraih kemenangan di dua laga terakhir. Tim besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut memang butuh poin sebanyak mungkin untuk bisa menembus zona Liga Champions.

“Kami harus menjaga momentum setelah mampu meraih dua kemenangan beruntun. Namun, menghadapi Arsenal, kami tidak boleh lagi membuang banyak peluang seperti saat melawan Burnley,” ungkap Solskjaer. (livescore/Faj/R-1)

BERITA TERKAIT