30 December 2019, 16:28 WIB

Gelombang di Samudra Hindia Tinggi, Wisatawan Diingatkan


Lilik Darmawan | Nusantara

Antara
 Antara
Para wisatawan harus mewaspadai pantai selatan wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY yang diprediksi akan terjadi gelombang tinggi.

WISATAWAN yang akan berkunjung di pantai wilayah selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan DIY diminta untuk waspada saat ingin melewatkan masa liburan tahun baru. Pasalnya, gelombang cukup tinggi, berkisar antara 1,5-3 meter. Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Nurmaya mengatakan bahwa tinggi gelombang di Samudra Hindia sebelah selatan Jabar, Jateng hingga DIY berkisar antara 1,5 hingga 3 meter.

Pihaknya mengimbau kepada wisatawan yang ingin melewatkan akhir tahun dengan berwisata di pantai untuk waspada.

"Selain gelombang tinggi, angin juga bertiup kencang, antara 2-15 knot," jelas Nurmaya pada Senin (30/12/2019).

Nurmaya juga mengungkapkan ada potensi hujan, baik pada siang maupun malam dengan intensitas hujan ringan. Sementara Polres Kebumen juga meminta kepada pengujung di pantai untuk tidak mandi di laut. Sebab, gelombang cukup tinggi.

baca juga: Hati-Hati Saat Berwisata Pantai di Yogyakarta

"Kami mengimbau kepada pengunjung pantai untuk tidak mandi di laut. Sebab, gelombangnya diperkirakan tinggi. Personel kepolisian juga ditempatkan di sejumlah pantai untuk mengimbau kepada wisatawan," kata Kapolres Kebumen Ajun Komisaris Besar Rudy Cahya Kurniawan. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT