30 December 2019, 16:23 WIB

Hati-Hati Saat Berwisata Pantai di Yogyakarta


Ardi Teristi Hardi | Nusantara

Antara
 Antara
 Petugas SAR melakukan patroli melarang wisatawan mandi di Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta.

DARI 18 Desember hingga 30 Desember sebanyak tiga orang meninggal akibat kecelakaan laut di Pantai Selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Masyarakat yang berlibur di pantai selatan dan nelayan diminta lebih berhati hati karena potensi ombak tinggi di Pantai Selatan masih akan terjadi.

"Sekarang kondisi ombak di Pantai Selatan terbilang tinggi, yaitu 2-3
meter. Wisatawan diminta menaati peringatan SAR yang ada di lapangan" kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad di Gedung DPRD DIY, Senin (30/12/2019).

Ia mencontohkan, di Pantai Parangtritis saat ini ada tiga palung laut yang berbahaya untuk berenang. Imbauan tersebut disampaikan karena kawasan Pantai Selatan DIY menjadi lokasi menghabiskan malam pergantian tahun. Jika masyarakat ingin bermain air diminta di tempat-tempat yang aman, jangan terlalu jauh ke tengah. Nelayan yang hendak melaut diminta memakai peralatan keselamatan.

Pihaknya telah menyiagakan 328 petugas di berbagai titik dari lereng Merapi hingga Pantai Selatan. Walau ada korban yang meninggal, pihaknya juga berhasil menyelamatkan banyak wisatawan, misalnya di Pantai Parangtritis ada 10 kecelakaan yang berhasil diselamatkan. Kecelakaan pertama menimpa seorang wisatawan dan seorang pemilik perahu pada 18 Desember dan ditemukan pada 21 Desember. Di Pantai Baru, pada 29 Desember, ada yang meninggal setelah terseret ombak.

baca juga: Kasus Narkoba Paling Menonjol di NTT Pada 2019

Selain dua kecelakaan tersebut, ada juga satu kecelakaan yang terjadi di Cangkringan, Sleman, pada 29 Desember antara mobil wisatawan dengan truk pengangkut pasir di lereng Merapi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT