30 December 2019, 11:45 WIB

Polisi Cimahi Bantu Akses Jalan untuk Ibu yang Ingin Melahirkan


Depi Gunawan | Nusantara

MI/DEPI GUNAWAN
 MI/DEPI GUNAWAN
Anggota Polres Cimahi mengawal warga yang akan melahirkan di bidan saat terjebak macet di Lembang

AKSI anggota polisi lalu lintas (polantas) menolong seorang perempuan yang hendak melahirkan saat terjebak macet terjadi di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dua anggota Polres Cimahi tersebut menolong Siti Aminah, 23, yang mengalami kontraksi saat perjalanan menuju bidan pada Minggu (29/12) petang.

Ketika itu, Siti dibonceng oleh sang suami Acep Slamet Triyadi menuju bidan, karena proses persalinan anak pertamanya itu ditolak pihak rumah sakit. Namun, mereka terjebak macet dan kendaraannya pun tak bisa bergerak. Hal itu membuat Situ dan Acep panik.

Acep pun memberanikan diri untuk meminta bantuan anggota kepolisian yang sedang bertugas mengatur lalu lintas.

"Saya bilang kepada anggota yang mengatur lalu lintas kalau saya sedang membawa istri yang mau lahiran di bidan," kata Acep saat mendampingi istrinya di bidan, Senin (30/12).

Baca juga: Macet Parah di Lembang, Seorang Ibu Nyaris Melahirkan di Jalan

Dia menyebutkan jarak dari rumah sakit menuju rumah bidan sekitar 5 kilometer. Jika lalu lintas normal bisa ditempuh dalam waktu setengah jam, namun dalam kondisi macet bisa lebih dari satu jam.

"Saya antar istri ke rumah sakit naik motor, kalau pakai mobil, pasti lama. Tapi setelah sampai rumah sakit, istri saya malah disuruh balik lagi ke bidan," ujarnya.

Setelah meminta bantuan, ia pun lantas bisa meluncur dengan kawalan polisi yang membantu membuka akses jalan. Kedua anggota polisi yang diketahui bernama Brigadir Andri Mulyadi dan Brigadir Fajar ini pun saling berkoordinasi dan bekerja sama demi bisa menerobos padatnya arus kendaraan ketika itu.

Berkat aksi cepat tanggap dari personel Satlantas Polres Cimahi itu, akhirnya warga Kampung Mekarsari Desa Lembang tiba di rumah bidan dengan selamat.

"Perjalanan dari rumah sakit ke bidan cuma sebentar karena dikawal polisi, Alhamdulilah sudah dibantu pak polisi," ucapnya.

Sehari sebelumnya, Sabtu (28/12), seorang perempuan yang hendak melahirkan di rumah sakit Avisena Cimahi juga terjebak kemacetan hingga harus ditolong anggota polantas.

Menanggapi hal tersebut, Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djunaedi mengaku akan mempertimbangkan untuk memberikan penghargaan kepada anggota penolong warga yang akan melahirkan.

"Hal ini sudah kita laporkan ke pimpinan, mudah-mudahan dalam jangka waktu dekat, nanti yang bersangkutan mendapatkan reward," ungkapnya.

Dia menyatakan kerja keras anggota yang peduli terhadap masyarakat yang memerlukan pertolongan tentunya harus dihargai.

"Saya salut terhadap anggota-anggota yang sudah melakukan tindakan demikian. Untuk reward-nya, nanti kita lihat," jelasnya.(OL-5)

 

BERITA TERKAIT