28 December 2019, 22:45 WIB

Minat Bersepeda Masyarakat Bertambah, Pasar Sepeda Meningkat


mediaindonesia.com | Ekonomi

Istimewa
 Istimewa
Dengan meningkatnya berolahraga dengan sepeda, bisnis sepeda tumbuh dan menjanjikan. Rodalink kembali membuka outlet yang ke-43.  

BERAKTIVITAS dengan menggunakan sepeda saat ini kembali menjadi tren di tengah masyarakat khususnya perkotaan, bahkan telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Alat berolah raga roda dua ini semakin digemari salah satunya disebabkan oleh meningkatnya kesadaran dari masyarakat terhadap pola hidup sehat, hingga bersepeda kerap juga digunakan sebagai alat transportasi, misal untuk ke tempat kerja atau juga keperluan lainnya.

Universtias Purdue, Indiana, Amerika Serikat telah melakukan studi tentang manfaat bersepeda. Studi menyimmpulkan  bahwa bersepeda secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50%. Bersepeda selama 20 menit per hari membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Studi mengungkapkan selama bersepeda, jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Hal ini dibuktikan berdasarkan studi yang dilakukan pada pria paruh baya yang menunjukkan hasil positif mengenai fungsi kardiovaskularnya.

Dibandingkan dengan orang yang pasif atau tidak banyak bergerak, mereka yang berpartisipasi dalam kegiatan bersepeda menunjukkan peningkatan fungsi jantung.

Bersepeda adalah salah satu latihan kardio terbaik untuk semua umur dan tipe tubuh. Selain membakar kalori, bersepeda membantu Anda terhindar dari obesitas karena membakar lemak sehingga berat badan dapat terkendali.

Manfaat kesehatan lain dari bersepeda termasuk mengencangkan otot, meningkatkan kesehatan paru-paru, memaksimalkan daya ingat, memperkuat sistem imun, dan mengurangi risiko kanker. Oleh karena itu, bersepeda menjadi salah satu bentuk olahraga paling sederhana namun besar manfaat kesehatannya.

Bersepeda juga menjadi jenis olahraga yang paling minim risiko cederanya. Para peneliti pernah membandingkan hal tersebut pada pelari jarak jauh dengan pengendara sepeda. Hasilnya, pelari cenderung memiliki kerusakan otot, peradangan, dan kram lebih tinggi dibanding pesepeda.

Selain manfaat bersepeda yang baik untuk kesehatan, penggunaan sepeda sebagai alat olah raga ini membuat peluang bisnis atau pula membangkitkan kembali usaha-usaha yang berkaitan erat dengan sepeda terbuka lebar.

Sebagai bukti nyata imbas positif dari meningkatnya minat masyarakat akan bersepeda terlihat salah satunya dengan dibuka atau bertambahnya outlet dari Rodalink menjadi 43 cabang di Indonesia sebagai toko yang menjual segala kebutuhan sepeda terlengkap, dan sekaligus menjadi outlet ke-54 di Asia Tenggara.

Pada Sabtu (28;12), Rodalink resmi membuka toko ke 43 ini di kawasan Cibubur, tepatnya di Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat dengan mengedepankan konsep ‘One Stop Center For Cycling Experiences’.

“Rodalink hadir di Cibubur ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berolahraga, yang dalam hal ini hidup sehat dengan bersepeda,” ujar Lucky Tantra, Marketing Manager Rodalink usai prosesi peresmian di cabang baru Cibubur, Bekasi, Sabtu (28/12).

“ Selain itu, hadirnya Rodalink di Cibubur juga sebagai refreshmen point untuk masyarakat meningkatkan quality time bersama keluarga, atau pun komunitas,” tutur Lucky.

Selama 22 tahun hadir di Indonesia dan Asia, Lucky mengatakan Rodalink berkomitmen dan secara konsisten untuk menyediakan segala kebutuhan dalam olahraga bersepeda di seluruh segmen tentunya disertai kualitas yang baik.

 “Di Rodalink ini menjual berbagai kebutuhan untuk bersepeda. Jika dilihat dari display kami, disitu bisa dilihat Rodalink menyediakan semua kebutuhan dari mulai ujung kaki yakni sepatu hingga ujung kepala seperi helm,” terangnya.

Untuk lebih menarik minat masyarakat dan juga sebagai bagian dari apresasi kepada kalangan pencinta sepeda, pada masa pembukaan outlet baru ini Rodalink memberikan promo spesial dan juga mengadakan kegiatan sepeda santai bersama 350 pesepeda dari berbagai komunitas serta masyarakat umum.

“Untuk promo itu setiap pembelian pertama langsung kita diskon 10% untuk spare parts dan aksesorisnya. Tidak hanya itu, tetapi setiap konsumen yang berbelanja langsung kita kasih voucher kopi tanpa minimum transaksi. Kemudian, untuk pembelanjaan diatas Rp300 ribu akan berhak mengkuti undian dengan hadiah sepeda bernilai jutaan rupiah,” tutur Andrea Maulana, SPV Rodalink Cibubur.

Kapolsek Jatisampurna Iptu Karsono yang ikut menyambut acara ini mengatakan, “Dengan hadirnya Rodalink Cibubur, Kami berharap dapat meningkatkan keinginan masyarakat sekitar untuk mau gowes apalagi hanya pergi ke tempat-tempat yang dekat, efeknya dapat mengurangi kemacetan, kan juga lebih sehat, polusi juga berkurang sesuai arahan pemerintah untuk lebih Go-Green.” (OL-09)

BERITA TERKAIT