29 December 2019, 23:00 WIB

Setan Merah Sodok Spurs


Yakub P Wijayaatmaja | Sepak Bola

Oli SCARFF / AFP
 Oli SCARFF / AFP
Pemain Manchester United, Nemanja Matic (kiri) berbenturan dengan pemain Burnley, Chris Wood (kanan) pada pertandingan Liga Primer Inggris.

MANCHESTER United meraih hasil apik di pengujung tahun seusai menaklukkan Burnley 2-0 dalam lanjutan liga Primer Inggris pekan ke-20 di Turf Moor, kemarin dini hari WIB.

Tiga angka yang membuat ‘Setan Merah’ menyodok ke posisi lima besar klasemen sementara, menggeser Tottenham Hotspur yang tertahan 2-2 di kandang Norwich. Kemenangan tanpa kebobolan alias clean sheet pertama anak asuh Ole Gunnar Solskjaer sepanjang 15 laga terakhir.

Penyerang asal Prancis Anthony Martial pantas menjadi bintang di laga malam itu, berkat pergerakannya yang terus menekan pertahanan lawan.

Ia pun menyumbang satu gol di menit ke-44. Ujung tombak timnas Inggris, Marcus Rashford menjadi pengganda keunggulan saat injury time babak kedua memasuki menit ke-5.

“Ini perbedaan besar mendapatkan kemenangan tanpa kebobolan (clean sheet). Penting bagi kita untuk mengetahui bahwa kami juga dapat menggapai hasil seperti ini,” jelas Solskjaer seusai laga.

Kini the Red Devils menempati posisi kelima klasemen dengan torehan 31 poin hasil 20 kali laga, hanya berjarak satu angka dari Chelsea yang melakoni derbi London melawan Arsenal, dini hari tadi. Tottenham membuntuti dengan 30 poin.

Defender andalan MU, Harry Maguire mengatakan kemenangan itu merupakan tiga poin besar untuk timnya. Hal itu ia katakan karena merasa Rashford dan kolega lebih baik dalam penguasaan bola dan memanfaatkan kesempatan yang ada. Maguire pun senang MU bisa melakukan clean sheet di laga tandang.

“Kami bisa mengalahkan siapa pun, tetapi kami tidak terlalu konsisten tahun ini. Kami sama sekali tidak tampil baik di Watford, jadi penting untuk datang ke sini, melakukan hal-hal dasar dengan baik dan menjaga clean sheet,” ucap eks pemain Leicester City itu.

Mourinho kesal

Jika Solskjaer tersenyum, sebaliknya kekesalan meletup dari artsitek Tottenham, Jose Mourinho. Mantan pelatih MU itu menilai anak asuhnya memberikan gol mudah sehingga hanya berbagi skor 2-2 dengan tuan rumah Norwich.

“Kesalahan seperti ini menjadi kebiasaan bagi kami. Kami kebobolan dua gol yang buruk. Kesalahan lini belakang kami dari laga ke laga,” ujar Mourinho kepada Sky Sports.

Tuan rumah the Canaries dua kali unggul, sebelum Spurs menyamakan skor. Mario Vrancic memaksa Hugo Lloris memu-ngut bola dari gawang di menit ke-18. Spurs kemudian membalas dengan aksi Christian Eriksen di menit ke-55.

Di babak kedua, Norwich lagi-lagi unggul akibat bunuh diri Serge Aurier di menit ke-61. Namun, Harry Kane menjadi penyelamat dengan gol di tujuh menit sebelum bubaran.

Kubu Norwich kecewa dengan penggunaan VAR (video assistant referee). Pasalnya, gol yang dilesakkan Teemu Pukki dan bisa menjadi penentu kemenangan, akhirnya dibatalkan karena offside.

Di laga lain, kekalahan tuan rumah West Ham 1-2 dari ­Leicester City berujung pemecatan pelatih Manuel Pellegrini. Adapun Carlo Ancelotti melanjutkan kemenangan kedua beruntun bersama Everton dengan mengalahkan Newcastle United 2-1. (AFP/bbc/guardian/skysport/R-2)

BERITA TERKAIT