29 December 2019, 19:19 WIB

Salah Satu PR Tae-yong: Hilangkan Predikat Runner-up!


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

Antara
 Antara
Timnas U-22 Indonesia meraih medali perak setelah kalah 0-3 dari Vietnam di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019).

PENGAMAT sepak bola nasional, Supriyono Prima, mendesak arsitek Indonesia Shin Tae-yong untuk menghilangkan predikat spesialis runner-up yang mendera tim nasional 'Merah Putih'.

Predikat itu kembali melekat setelah Indonesia kembali menjadi runner-up di ajang SEA Games 2019 Filipina. Evan Dimas dkk keok di laga pamungkas saat berjumpa Vietnam dengan skor 0-3 tanpa balas.

Baca juga: Menpora Optimistis Shin Tae-Yong Bisa Membawa Perubahan

Supriyono Prima yang juga mantan pemain Timnas Indonesia ingin Tae-yong yang sudah dikontrak selama empat tahun segera beradaptasi dengan kultur sepak bola Indonesia.

"Mudah-mudahan Tae-yong bisa sesuai dengan harapan kita semua. Minimal predikat runner-up hilang," ujar Supriyono kepada Media Indonesia, Minggu (29/12).

Salah satu eks anggota Timnas Indonesia pada era 1990-an itu juga tak ingin Tae-Yong hanya membawa Indonesia dengan gelar.

Lebih dari itu, ia ingin Tae-Yong sanggup membuat fondasi yang kuat untuk sepak bola Indonesia. Wawasan pesepak bola Indonesia wajib meningkat di tangan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Supri mencontohkan Timnas Korea Selatan yang bisa sukses karena etos kerja para pemain mereka. "Taktik sekeren apapun tak akan bisa jalan kalau etos kerjanya tak jalan. Wawasan itu akan membawa kecerdasan," tambahnya.

Ditugaskannya Tae-yong menjadi konsultan pelatih di Timnas U-20 merupakan salah satu cara jitu untuk membangun individu yang kuat untuk regenerasi pemain. "Kalau wawasan dan pemahaman taktik tidak dibuat sejak usia muda nanti di senior pun akan sulit berkembang," ucap Supri.

Intinya, Supri berharap tahun 2020 bisa menjadi titik awal kemajuan sepak bola indonesia. "Ingat bahwa ekspektasi masyarakat Indonesia itu sangat tinggi terhadap prestasi sepak bola, khususnya Timnas 'Merah Putih'," ujarnya. (Ykb/A-5)

BERITA TERKAIT