29 December 2019, 18:25 WIB

7.000 Petugas Kebersihan Dikerahkan Saat Malam Tahun Baru Jakarta


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MI/ADAM DWI
 MI/ADAM DWI
 Pekerja mengerjakan panggung perayaan malam Tahun Baru 2020 di Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (28/12). 

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 7.000 personel satuan tugas kebersihan pada malam pergantian tahun 2020. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih dalam keterangan resminya, Jakarta, Minggu (29/12).

Menurutnya, di hari pertama 2020 pada Rabu (1/1) pagi seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan.

"Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Pihaknya juga mengerahkan petugas tambahan dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Badan Air dan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing," ungkap Andono.

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah ditangani.

Baca juga: Malam Tahun Baru di Jakarta Dari Hiburan Hingga Nikah Massal

Petugas, katanya, akan langsung bergerak cepat untuk menyisir saat perayaan pergantian tahun usai. Petugas telah disiagakan sejak Selasa (31/12) sore melalui gelaran apel konsinyering yang dihadiri oleh seluruh petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup di tiap wilayah untuk mengecek kesiapannya.

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Andono mengharapkan begitu usai acara puncak pergantian tahun, pedagang kaki lima langsung merapikan dagangannya dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di jalan dan kantong-kantong parkir sementara segera meninggalkan lokasi.

"Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP dan Dinas KUKM dan Perdagangan untuk menertibkan PKL," terang Andono. (A-4)

BERITA TERKAIT