29 December 2019, 16:58 WIB

Baznas DKI Jakarta Salurkan Bantuan Sepeda Onthel Listrik


Deri Dahuri | Megapolitan

Istimewa
 Istimewa
Acara penyerahan bantuan berupa sepeda onthel kepada 11 tukang ojek onthel yang biasa mangkal di sekitarKota Tua, Jakarta, Minggu 

BADAN Amil Zakat Nasional (Bazis) DKI Jakarta, melakukan penyerahan bantuan berupa sepeda onthel kepada 11 tukang ojek onthel yang biasa mangkal di sekitar area destinasi Kota Tua, Jakarta, Minggu (29/12).

Sepeda onthel yang diberikan Baznas DKI bukan sepeda onthel biasa, tetapi sepeda onthel yang sudah dipasangi listrik sebagai tenaga penggeraknya. 

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta, Ahmad Luthfi Fathullah, Camat Tamansari Risan, perwakilan pengelola Kota Tua, komunitas sepeda, dan para pengunjung.

Luthfi mengatakan, gagasan memberikan bantuan ojek onthel listrik ini lahir karena di Jakarta masih ada ojek onthel. 

"Padahal ngojek kan lumayan capek, sehingga kita berikan sepeda yg bertenaga listrik, supaya mereka tambah semangat mencari rezeki," ujar KH Luthfi.

Menuru Luthfi, ojek ini memiliki kecepatan hingga 30 km per jam dengan kemampuan daya baterai mencapai jarak hingga 35 km.

Camat Tamansari Risan yang mewakili Wali Kota Jakarta Barat, mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Baznas (Bazis) DKI Jakarta.

Risan juga berjanji menyediakan tempat mengisi baterai di Kecamatan Tamansari untuk  para pengojek.

Sementara itu, Untung, 40, salah satu tukang ojek yang mendapat bantuan sepeda onthel mengaku sangat senang mendapat bantuan sepeda. 

Lelaki dua anak yang  tinggal di Pasar Ikan, Jakart Utara, biasa mangkal di Pinangsia Raya, mengantar penumpangnya di sekitar Kota Tua.

"Senang, karena sudah pakai listrik, jadi nggak capek gowes lagi," ucap Untung yang mengaku penghasilannya dari ngojek ontel rata-rata Rp50 ribu per hari. (OL-09)

BERITA TERKAIT