29 December 2019, 13:37 WIB

Resmi Beroperasi, Kereta BIAS Digratiskan Selama Dua Bulan


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Kereta api bandara Adi Sumarmo mulai beroperasi hari ini dan digratiskan biaya tiket selama dua bulan. 

PROYEK jalur Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarno (BIAS) telah selesai dibangun. Sejak hari ini, Minggu (29/12/2019), PT Kereta Api Indonesia akan menggratiskan biaya perjalan selama dua bulan ke depan sebagai peluncuran awal. Kereta BIAS dioperasikan sebagai bentuk integrasi antarmoda transportasi dan mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata prioritas.

Selama peluncuran awal tersebut, kereta bandara akan melayani perjalanan kereta dari Stasiun Balapan Solo menuju Bandara Adi Soemarmo pergi-pulang dari pagi hingga sore hari. Saat ini terdapat dua rangkaian kereta yang akan melayani rute tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (29/12/2019) mengungkapkan pihaknya juga telah membuat lingkaran jalur kereta api yang mengelilingi Kota Cirebon, Yogyakarta, Solo dan Semarang.

"Nantinya warga dari Wonogiri, Madiun juga bisa turun di Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo dan sebaliknya menggunakan kereta. Atau dari Stasiun Solo Balapan bisa jalan-jalan menggunakan bus di Terminal Tirtonadi yang terhubung langsung dengan Solo Balapan. Selain itu, turis asing bisa turun di Bandara Internasional Adi Soemarmo atau Bandara Internasional Yogyakarta sehingga keterpaduan antar moda ini menjadi cluster kecil menuju Candi Borobudur," tuturnya.

Budi berharap, dioperasikannya Kereta BIAS dapat menjadi sarana untuk memudahkan masyarakat lokal maupun turis asing untuk mengunjungi Candi Borobudur.

Jalur Kereta Api Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo sepanjang 13,5 km merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional sesuai dengan Perpres nomor 56/2018 tentang perubahan Perpres nomor 3/2016. Proyek dengan total investasi Rp820 miliar tersebut dikerjakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Ditjen Perkeretaapian Kemenhub sejak Maret 2018.

baca juga: 2020, Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Dipastikan belum Naik

Pembangunan jalur Kereta BIAS itu juga diharapkan dapat menghubungkan Bandara Adi Soemarmo dan Bandara Adi Sutjipto serta diproyeksikan dapat terhubung dengan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA). (OL-3)

 

BERITA TERKAIT