29 December 2019, 07:17 WIB

Everton Benamkan Newcastle, Ancelotti Samai Rekor David Moyes


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP
 AFP
Manajer Everton  Carlo Ancelotti berhasil  menyamai catatan manajer Everton terdahulu, Joe Royle pada 1994 dan David Moyes pada 2002.

DI bawah asuhan Carlo Ancelotti, Everton kembali mendulang penuh usai mengalahkan Newcastle United 2-1, di St James' Park, Sabtu (28/12/2019) malam WIB. Ia pun menjadi manajer Everton ketiga yang meraih dua kemenangan beruntun di Liga Primer Inggris. Adalah Dominic Calvert-Lewin yang mengantarkan Everton kembali mencetak poin penuh dengan borongan dua golnya. Sementara satu gol Neecastle diciptakan oleh Fabian Schar.

Calvert-Lewin membawa unggul The Toffees sejak awal laga, tepatnya di menit-13. Tendangan dari jarak enam meter dilancarkan Calvert-Lewin setelah tembakan Gylfi Sigurdsson terkena lawan dan mengarah kepada dirinya. Di babak kedua, giliran Newcaslte yang menjebol gawang Jordan Pickford. Schar melakukan tendangan voli keras pada menit ke-59.
Tim tamu malah semakin bernafsu untuk mencuri poin penuh. Hasilnya, lima menit setelah gol Schar, Calvert-Lewin kembali membawa Everton unggul.

Ia memanfaatkan umpan terukur Richarlison dari sisi kanan. Keunggulan 2-1 bertahan untuk Everton hongga waktu babak kedua usai. Kemenangan ini membuat Ancelotti meraih dua kemenangan beruntun. Ia membawa Everton mengatasi Burnley 1-0 pada debutnya bersama Everton, pertengahan pekan ini.

Atas hasil ciamik tersebut, Ancelotti menyamai catatan manajer Everton terdahulu, Joe Royle pada 1994 dan David Moyes pada 2002. Kecerdikan Ancelotti di lapangan terlihat setelah dirinya mengganti Moise Kean dengan Fabian Delph. Awalnya banyak yang kebingungan dengan upaya Ancelotti. Tapi keputusan itu tampaknya membuat lini tengah Everton kokoh dan sanggup mendominasi pertandingan.

"Delph banyak membantu kami. Setelah bermain untuk Manchester City, dia terbiasa menjaga pertahanan di bawah tekanan," ucap Ancelotti memuji Delph.

Ancelotti pun turut membeberkan faktor dirinya bisa membawa kemenangan untuk Everton di kandang lawan. Ia menginstruksikan para pemainnya untuk lebih mengendalikan permainan.

"Pada babak kedua kami lebih mengendalikan permainan. Memang benar kami kemasukan gol, namun reaksi dari para pemain sangat bagus," ucap eks pelatih Napoli itu.

baca juga: Shin Tae-Yong Langsung Ditarget Gelar di Piala AFF 2020

Kemenangan ini membawa Everton naik ke posisi-10 Liga Inggris dengan raihan 25 poin. Kemenangan ini membuat Everton tidak terkalahkan dari lima laga terakhir.Sementara Newcastle berada satu peringkat di bawah Everton dengan poin yang sama namun berbeda selisih gol. (Guardian/OL-3)

 

BERITA TERKAIT